dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi apa saja yang digunakan oleh guru PAI dalam rangka membentuk sikap kepemimpinan Islami siswa dan untuk mengkaji apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan sikap kepemimpinan Islami siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mendapatkan kesimpulan dengan baik penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman (1992) dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah guru PAI SMK Muhammadiyah 2 Boja, terdiri dari lima guru yang dibedakan berdasarkan mata pelajaran ampuan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dalam pembentukan sikap kepemimpinan Islami siswa, guru PAI melakukan strategi yang terbagi dalam dua cakupan yaitu strategi pada pembelajaran kelas dan strategi di luar kelas. Perlu adanya pembentukan indikator sikap kepemimpinan Islami yang lebih maksimal lagi yaitu pada kemampuan amar ma’ruf nahi munkar, mengelola organisasi, memotivasi orang lain, melayani umat, amanah dan tanggung jawab. Kesimpulan lainnya bahwa faktor penghambat dari pembentukan sikap kepemimpinan Islami siswa adalah faktor internal yang muncul dari diri peserta didik sendiri; serta faktor eksternal dari sekolah, keluarga dan dari lingkungan masyarakat. | en_US |