Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABDUL
dc.contributor.authorSAKINAH, PUTRI ANIS
dc.date.accessioned2018-01-18T01:54:07Z
dc.date.available2018-01-18T01:54:07Z
dc.date.issued2017-12-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16932
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis joyfull learning terhadap karakter kemandirian siswa pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) pada siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Bantul. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Bantul tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis expost factoPengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample (sampel bertujuan) yaitu kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 yang telah melakukan pembelajaran menggunakan metode berbasis joyfull learning.. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuisioner dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan statistik.Ada dua macam statistik yang digunakanyaitu statistik deskriptif, dan statistik inferensial.Uji validitas menggunakan rumus korelasi Person’s Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa frekuensi kecenderungan joyfull learning pada kategori sedang sebanyak 86% siswa. Bahwasanya 35% siswa memiliki kecenderungan karakter kemandirian tinggi; 65% siswa memiliki kecenderungan karakter kemandirian sedang. Pada hasil uji t dapat dilihat bahwa thitung 4,030 dan ttabel didapatkan 2,019.Dari penjelasan tersebut bahwasannya thitung memiliki nilai lebih besar daripada ttabel (4,030 > 2,019). Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran joyfull learning terhadap karakter kemandirian.en_US
dc.description.abstractThis study aims to find out the effect of joyful based learning method usage in Islamic Education subject on the independence characteristic of grade XII students at SMA MuhammadiyahBantul. The population was the grade XII students of SMA MuhammadiyahBantul period 2017/2018. The sampling technique used was purposive sampling which covered class XII IPA 1 and XII IPA 2. These two classes have implemented joyful based learning method. This study was a quantitative research type expost facto. The data gathering technique that used are interview, questionnaire and documentation method. The data analysis used is statistical technique. There were two statistical techniques that used to analyze the data, descriptive statistic and inferential statistic. The validity test that used is Pearson’s Product Moment correlational formula. Result shows that the frequency of joyful learningtendency in a medium category,that is 86 % students. It is found that 35 % students have high independence characteristic tendency and 65 % have medium independence characteristic tendency. Therefore,there is a significant correlation between joyful learning method and the independence characteristic. The result on ttest 4,030 and ttabel obtained 2,019. From the explanation, can be implied that thitung have more value than ttable (4,030 > 2,019). Thus, there is a significant effect towards independent character.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEffect,Implementing, Joyfull Learning, Independence metode pembelajaran, joyfull learning, kemandirianen_US
dc.titlePENGARUH IMPLEMENTASIJOYFULL LEARNING PADA MATAPELAJARAN PAI TERHADAP KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA KELAS XII DI SMA MUHAMMADIYAH BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 531en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record