Show simple item record

dc.contributor.advisorN, NURWANTO
dc.contributor.authorHUDA, FRENDI ISMAIL
dc.date.accessioned2018-01-19T06:28:51Z
dc.date.available2018-01-19T06:28:51Z
dc.date.issued2017-12-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17032
dc.descriptionPenelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas X IPA 2 pada MAPEL PAI semester ganjil SMA Negeri 1 Srandakan, Bantul Tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan metode belajar problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 semester ganjil SMA Negeri 1 Srandakan, Bantul Tahun Ajaran 2017-2018 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen angket dan observasi untuk mengukur peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode problem solving dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Persentase motivasi belajar siswa siklus I menggunakan instrumen angket sebesar 58,28% dengan kategori sedang meningkat menjadi 75,78% dengan kategori sangat tinggi. Persentase motivasi belajar meningkat dari siklus ke siklus yang mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan motivasi belajar siswaen_US
dc.description.abstractThis study aims to find out whether there is learning motivation improvement of Grade X IPA 2 students on Islamic Education Subject in the Odd Semester of SMA Negeri 1 Srandakan, Bantul, period 2017/2018 through problem solving learning method. This study was a Classroom Action Research (CAR), conducted within two cycles. Each cycle consisted of four stages, planning, implementing, observing and reflecting; those were done in two meetings. The subjects of the study were the 22 Grade X IPA 2 students of Odd Semester of SMA Negeri 1 Srandakan, Bantul period 2017/2018. This study was using questionnaire and observation instrument in order to measure the students’ learning motivation improvement. Result shows that the problem solving method can improve the students’ learning motivation. Based on the questionnaire instrument, the students’ learning motivation percentage during cycle I is 58,28% (medium category), while on cycle II the percentage rises into 75,82% (very high category). The increasing percentage from one cycle to another indicates that learning through problem solving method can increase the students’ learning motivation.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectLearning Motivation, Problem Solving Method Motivasi Belajar, Metode Problem Solving.en_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI KELAS X IPA 2 SEMESTER GANJIL SMAN 1 SRANDAKAN, BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 502en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record