dc.contributor.advisor | THOHARUDIN | |
dc.contributor.advisor | SANTOSO, TITO HADJI AGUNG | |
dc.contributor.author | SUKMANA, RIFKY ADJI | |
dc.date.accessioned | 2018-01-19T06:29:31Z | |
dc.date.available | 2018-01-19T06:29:31Z | |
dc.date.issued | 2017-12-28 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17033 | |
dc.description | Konsumsi bahan bakar bersumber energi tak terbarukan yang semakin meningkat berdampak pada penurunan kuantitas sumber daya minyak bumi. Peningkatan konsumsi energi ini diikuti dengan masalah terkait pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah sampah plastik yang terus meningkat karena tidak ada penanganan secara tepat. Mengkonversi sampah plastik dengan metode pirolisis menjadi bahan bakar cair dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif. Namun demikian, minyak hasil pirolisis sampah plastik ini belum mampu diaplikasikan pada skala komersial karena kualitas produk minyak yang belum sesuai standar bahan bakar. Maka dari itu dilakukan penelitian tentang pengaruh minyak hasil pirolisis terhadap kinerja motor bensin.
Penelitian ini mula – mula dilakukan dengan mengkoversi plastik LDPE (Low Density Polyethylene) dengan proses pirolisis yang kemudian minyak hasil pirolisis tersebut dicampurkan dengan Pertalite dengan persentase 0%vol., 5%vol., 10%vol., 20%vol., 30%vol. dan di uji performa pada motor bensin untuk mendapatkan nilai torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai torsi maksimum masing – masing variasi bahan bakar 0%vol., 5%vol., 10%vol., 20%vol., 30%vol. sebesar 25,56 Nm, 20,99 Nm, 21,37 Nm, 15,49 Nm, 24,19 Nm, dan nilai daya maksimum masing – masing variasi bahan bakar sebesar 7,9 Hp, 8,1 Hp, 8 Hp, 7,8 Hp, 8 Hp. Konsumsi bahan bakar paling hemat didapat pada variasi campuran bahan bakar 30%vol. dengan 38,46 km/liter dan pertalite 100 % menjadi yang paling boros dengan 20 km/liter. | en_US |
dc.description.abstract | Fuel consumption from non-renewable sources of energy is increasingly impacting the decrease of the quantity of petroleum resources. Increased energy consumption is followed by environmental pollution related problems caused by waste plastic waste continues to increase because there is no proper handling. Converting plastic waste by pyrolysis method to liquid fuel can be used as an alternative energy source. Nevertheless, this plastic waste pyrolysis oil has not been able to be applied on a commercial scale because of the quality of oil products that have not met the fuel standards. Therefore, research on the effect of pyrolysis oil on the performance of gasoline motor.
This study was first performed by converting LDPE (Low Density Polyethylene) plastic by pyrolysis process then pyrolysis oil was mixed with Pertalite percentage volume 0% vol., 5% vol., 10% vol., 20% vol., 30 % vol. and tested performance on a gasoline motor to get torque, power, and fuel consumption.
The results showed that the maximum torque value of each variation of fuel 0% vol., 5% vol., 10 vol%, 20% vol., 30% vol. are 25.56 Nm, 20.99 Nm, 21.37 Nm, 15.49 Nm, 24.19 Nm, and the maximum power value of each variation of fuel are 7.9 Hp, 8.1 Hp, 8 Hp, 7.8 Hp, 8 Hp. The most efficient fuel consumption is found in a 30% vol. with 38.46 km / liter and pure pertalite being the most extravagant with 20 km / liter. | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | Pyrolysis, Low Density Polyethylene, Torque, Power, Fuel Consumption, Gasoline Motor. Pirolisis, Low Density Polyethylene, Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar, Motor Bensin. | en_US |
dc.title | UNJUK KERJA MOTOR BENSIN BERBAHAN BAKAR PERTALITE DAN PYROLYTIC OIL DARI PLASTIK LDPE (LOW DENSITY POLYETHYLENE) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
731 | en_US |