IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGELOLAAN PIUTANG NEGARA PADA DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN NEGARA
Abstract
Dalam era modern saat ini perkembangan sistem informasi dan teknologi berkembang pesat. Dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui informasi mengenai penyelenggaran sistem informasi pelayanan publik mengenai pengelolaan piutang negara maka dapat mempermudah upaya masyarakat dalam menilai keberpihakan pemerintah terhadap kepentingan publik.
Tujuan penelitian ini membahas dengan melihat sudut pandang implementasi sistem informasi pengelolaan piutang negara pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian positivis dengan desain deskriptif dan teknik pengumpulan data yang bersifat kualitatif. Dimana peneliti mencoba menggambarkan Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Publik dalam Pengelolaan Piutang Negara pada KPKNL Yogyakarta. Hasil penelitian ini menyebutkan Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Publik dalam Pengelolaan Piutang Negara secara keseluruhan berjalan dan memberikan manfaat kepada user dalam pengambilan keputusan. Namun, dalam implementasinya masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi pada KPKNL Yogyakarta seperti belum terbangunnya jaringan yang baik, masih lemahnya perangkat pendukung serta kurangnya jumlah tenaga kerja.