Show simple item record

dc.contributor.advisorBAHIROH, SITI
dc.contributor.authorADIAN, RISKIKATUL
dc.date.accessioned2018-02-03T04:22:51Z
dc.date.available2018-02-03T04:22:51Z
dc.date.issued2017-12-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17407
dc.descriptionPenelitian dengan judul peran guru bimbingan dan konseling terhadap Maladjustment pada siswa tunagrahita di sekolah luar biasa negeri 1 Bantul di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan secara positif, hal tersebut mengakibatkan terjadinya berbagai gangguan seperti gangguan kecemasan, maladjustment dan gangguan lainnya. Selain itu di latar belakangi oleh kurangnya tenaga pendidik bimbingan konseling yang sesuai dengan latar belakang pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk Maladjustment pada siswa tunagrahita di sekolah luar biasa negeri 1 Bantul. (2) mengetahui faktor penyebab terjadinya maladjustment pada siswa tunagrahita di sekolah luar biasa negeri 1 Bantul. (3) mengetahui peran guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif di kumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan perbincangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk maladjustment yang terjadi pada siswa tungarahit di sekolah luar biasa negeri 1 Bantul antara lain (1) siswa tidak pernah berkomunikasi secara verbal dengan guru dan teman-teman.(2) siswa mengalami ketakutan yang berlebihan. (3) siswa mengalami kelainan seksual. (4) dan siswa mengalami tingkat emosi yang berlebihan. Sedangkan faktor yang menyebabkan terjadinya maladjustment antara lain (1) faktor keluarga. (2) faktor tingkat kepercayaan diri yang rendah. (3) faktor rasa takut yang berlebihan. (4) dan faktor pola kepribadian. Sedangkan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi maladjustment pada siswa tunagrahita anatara lain (1) mengadakan tindakan prefentif berupa mengadakan ektra kulikuler, kerjasama yang baik dengan orang tua siswa, pemberian assessment. (2) tindakan secara kuratif berupa konseling pribadi, komunikasi terhadap orang tua, dan merujuk siswa tunagrahita pada guru bimbingan dan konseling umum. (3) pemberian bimbingan berupa pembinaan keterampilan khusus, pembinaan mental dan keberagamaan, dan pengembalian kepada orang tua.en_US
dc.description.abstractThe research entitled the roles of guidance and counseling teacher in overcoming maladjustment in mentally-disabled students in SekolahLuarBiasaNegeri 1 Bantulis based on the number of students who are unable to adjust with the positive environment.Itresulted in various disorders such as anxiety disorders, maladjustment and other disorders. Also it is based on the lack of guidance and counseling personnel in accordance with educational background. The purpose and research of this research is (1) to know the forms of maladjustment of mentally-disabled students in SekolahLuarBiasaNegeri 1 Bantul, (2) to know the causal factor of maladjustment of mentally-disabled students in SekolahLuarBiasaNegeri 1 Bantul,and (3) to know the roles of guidance and counseling teacher. This research uses descriptive qualitative approach with the data collected through observation, interview, documentation, and conversation. The results of this study indicate that the form of maladjustment that occurs in mentally-disabled students in SekolahLuarBiasaNegeri 1 Bantul are among others (1) the students never communicate verbally with teachers and friends, (2) the students experience excessive fear, (3) students have sexual disorders, and (4) students experience excessive emotional levels. While the factors that cause the occurrence of maladjustment are among others (1) family factors, (2) low level of trust factor, (3) excessive fear factor, and (4) personality pattern factors. While the roles of guidance and counseling teacher in overcoming maladjustment of mentally-disabled students are among others (1) holding a preventive action in the form of extra-curricular program, good cooperation with parents, and giving assessment, (2) doing curative action in the form of personal counseling, communication to parents, and referring mentally-disabled students to general guidance and counseling teacher, and (3) giving guidance in the form of special skills coaching, mental and religious coaching, and send them back to the parents.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectRoles, roles of guidance and counseling teacher, maladjustment, mentally-disabled students. peran guru bimbingan dan konseling, maladjustment, siswa tunagrahitaen_US
dc.titlePERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI MALADJUSTMENT PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 427en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record