dc.contributor.advisor | AL HASIBI, RAHMAT ADIPRASETYA | |
dc.contributor.advisor | ARDIYANTO, YUDHI | |
dc.contributor.author | AMINANTO, AGUS | |
dc.date.accessioned | 2018-02-06T07:50:39Z | |
dc.date.available | 2018-02-06T07:50:39Z | |
dc.date.issued | 2017-11-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17470 | |
dc.description | Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mampu
menghadirkan solusi teknis untuk permasalahan komunikasi jarak jauh yang
otomatis meningkatkan aksesibilitas informasi. Selain itu teknologi ini
memungkinkan banyak pengguna mengakses bersamaan (multi user), dengan
jumlah akses tak terbatas (unlimited access) dan dapat diakses jarak jauh (remote
access). Adopsi teknologi ini sangat relevan untuk penyampaian informasi agar
prosesnya berjalan efektif dan efisien terutama dalam lingkup universitas.
Penelitian dilakukan dengan mengembangkan sistem aplikasi yang dapat
digunakan untuk melakukan pengaduan dan penyebaran informasi tersegmentasi
sesuai kelompok mahasiswa dalam lingkup universitas. Fitur tersebut diperoleh
dengan membuat sistem aplikasi berbasis web untuk institusi kampus dan aplikasi
Android untuk mahasiswa. Dimana departemen/biro tertentu di kampus dapat
menyebarkan informasi secara cepat dan mudah kepada mahasiswa sekaligus
menerima komplain yang terkait dengan layanan / fasilitas di kampus dengan
integrasi aplikasi web, Android dan layanan messaging dari Google.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya sistem aplikasi web dan Android
yang terintegrasi satu sama lain dengan sebuah database. Sistem juga terintegrasi
dengan layanan Firebase Cloud Messaging (FCM) untuk memberikan notifikasi
secara real time saat terdapat sebaran informasi atau complain reply pada aplikasi
Android dari biro/departemen di kampus. Tiap aksi penyebaran informasi pada
aplikasi web maka sistem akan melakukan request ke server FCM untuk menangani
proses notifikasi. Sementara aplikasi Android akan melakukan request data ke
aplikasi web sesuai data yang paling mutakhir. | en_US |
dc.description.abstract | The growth of Information and Communication Technology (ICT) has been
able to present technical solutions for long distance communication problems. In
addition, this technology can be accessed by many users, with unlimited access and
can be accessed remotely. The adoption of this technology is very relevant for
information delivery so that the process can run effectively and efficiently within
the scope of a university.
The research was conducted by developing an application system that can
be used to send complaints as well as spreading segmented information according
to the student groups within the university. These features are obtained by creating
a web-based application system for campus institutions and Android apps for
students. Where a particular department / bureau on campus can quickly and easily
disseminate information to students as well as receive complaints related to campus
services / facilities with the integration of web apps, Android and messaging
services from Google.
The result of this research is the implemented web and Android application
system that integrated each other with a database. The system also integrates with
Firebase Cloud Messaging (FCM) service to provide real-time notification when
there is information distribution or complaint reply on Android app from campus /
departments / bureau. Each action of spreading information on the web application
then the system will request to the FCM server to handle the notification process.
While the Android application will request data to the web application according to
the latest data. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Web Application, Android Application, Firebase Cloud Messaging. Aplikasi Web, Aplikasi Android, Firebase Cloud Messaging | en_US |
dc.title | SISTEM PENGADUAN DAN PENYEBARAN INFORMASI TERSEGMENTASI BERBASIS WEB DAN ANDROID | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
606 | en_US |