Show simple item record

dc.contributor.advisorAFANDI, MOH
dc.contributor.authorFAUZI, IRWAN
dc.date.accessioned2018-02-07T02:00:48Z
dc.date.available2018-02-07T02:00:48Z
dc.date.issued2018-01-13
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17479
dc.descriptionHasil belajar yang dicapai oleh peserta didik dipengaruhi oleh aktifitas pembelajaran yang ada dikelas maupun di klinik laboratorium (skills lab). Proses pembelajaran laboratorium atau skill lab harus memenuhi standar mutu yang sudah ditetapkan, jika kegiatan skill lab tidak sesuai dengan standar kurikulum maka akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya dan tidak tercapainya beberapa tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untu mengetahui hubungan mutu pembelajaran skill lab dengan hasil OSCE pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan metode kuantitatif dan menggunakan desain deskriptif korelasional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 90 orang dengan menggunakan tehnik kuota sampling. Analisis data menggunakan chi square. Tidak terdapat hubungan antara mutu pembelajaran skill lab dengan hasil OSCE dengan nilai p sebesar 0,66. Tidak adanya hubungan antara mutu pembelajaran skill lab dengan hasil OSCE dikarenakan adanya faktor lain.en_US
dc.description.abstractLearning outcomes achieved by learners are influenced by the existing learning activities in the classroom or in the laboratory clinics (skills lab). Laboratory learning process or lab skills must meet the established quality standards, if skill lab activities are not in accordance with curriculum standards it will affect the learning outcomes and not achievement of some learning objectives. This study aims to know the relationship of learning quality of lab skill with OSCE result on Nursing Program students of Faculty of Medicine and Health Sciences Muhammadiyah University of Yogyakarta. This research type is non experiment research with quantitative method and using descriptive correlational design. The approach used is cross sectional approach. Respondents in this study amounted to 90 people using quota sampling technique. Data analysis using chi square. There is no correlation between learning quality of lab skill with OSCE result with p value 0,66. There is no correlation between learning quality of lab skill with OSCE result due to other factors.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectLearning Quality, OSCE Result. Mutu Pembelajaran, Hasil OSCEen_US
dc.titleHUBUNGAN MUTU PEMBELAJARAN SKILL LAB DENGAN HASIL OSCE (OBJECTIVE STRUCTURAL CLINICAL EXAMINATION) PADA MAHASISWA PSIK FKIK UMYen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 002en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record