dc.contributor.advisor | AFANDI, MOH | |
dc.contributor.author | FAUZI, IRWAN | |
dc.date.accessioned | 2018-02-07T02:00:48Z | |
dc.date.available | 2018-02-07T02:00:48Z | |
dc.date.issued | 2018-01-13 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17479 | |
dc.description | Hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik dipengaruhi oleh
aktifitas pembelajaran yang ada dikelas maupun di klinik laboratorium (skills lab).
Proses pembelajaran laboratorium atau skill lab harus memenuhi standar mutu
yang sudah ditetapkan, jika kegiatan skill lab tidak sesuai dengan standar
kurikulum maka akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya dan tidak tercapainya
beberapa tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untu mengetahui hubungan mutu pembelajaran
skill lab dengan hasil OSCE pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan
metode kuantitatif dan menggunakan desain deskriptif korelasional. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian
ini berjumlah 90 orang dengan menggunakan tehnik kuota sampling. Analisis data
menggunakan chi square. Tidak terdapat hubungan antara mutu pembelajaran skill lab
dengan hasil OSCE dengan nilai p sebesar 0,66. Tidak adanya hubungan antara mutu pembelajaran skill lab dengan
hasil OSCE dikarenakan adanya faktor lain. | en_US |
dc.description.abstract | Learning outcomes achieved by learners are influenced by the
existing learning activities in the classroom or in the laboratory clinics (skills
lab). Laboratory learning process or lab skills must meet the established quality
standards, if skill lab activities are not in accordance with curriculum standards it
will affect the learning outcomes and not achievement of some learning
objectives. This study aims to know the relationship of learning quality of lab skill
with OSCE result on Nursing Program students of Faculty of Medicine and
Health Sciences Muhammadiyah University of Yogyakarta. This research type is non experiment research with
quantitative method and using descriptive correlational design. The approach
used is cross sectional approach. Respondents in this study amounted to 90
people using quota sampling technique. Data analysis using chi square. There is no correlation between learning quality of lab skill
with OSCE result with p value 0,66. There is no correlation between learning quality of lab skill with
OSCE result due to other factors. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Learning Quality, OSCE Result. Mutu Pembelajaran, Hasil OSCE | en_US |
dc.title | HUBUNGAN MUTU PEMBELAJARAN SKILL LAB DENGAN HASIL OSCE (OBJECTIVE STRUCTURAL CLINICAL EXAMINATION) PADA MAHASISWA PSIK FKIK UMY | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
002 | en_US |