dc.contributor.advisor | Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D. | |
dc.contributor.advisor | Wistri Meisa, M.Pd. | |
dc.contributor.author | NURFAUZIAH, TIFA | |
dc.date.accessioned | 2018-02-08T01:16:19Z | |
dc.date.available | 2018-02-08T01:16:19Z | |
dc.date.issued | 2017-11-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17543 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini mengenai keefektifan media e-learning AJALT sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar kosakata bahasa Jepang mahasiswa yang tidak menggunakan media e-learning AJALT, hasil belajar kosakata bahasa Jepang siswa yang menggunakan media e-learning AJALT, dan keefektifan penggunaan media e-learning AJALT dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Selain itu juga mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media e-learning AJALT.
Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen tes yang diberikan kepada subjek penelitian setelah pembelajaran dilakukan. Peneliti juga menggunakan instrumen angket untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media e-learning AJALT.
Analisis instrumen tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol. Hasil perhitungan dengan T-test menunjukkan 𝑡โ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (2.3) lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2.07). Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya, hasil perhitungan keefektifan pembelajaran pada kelompok eksperimen dengan rumus N-gain didapatkan 0.91. Hal ini menunjukkan bahwa media e-learning AJALT sangat efektif pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang.
Adapun dari hasil angket, diketahui bahwa hampir seluruh mahasiswa mengatakan media e-learning AJALT dapat meningkatkan motivasi untuk belajar bahasa Jepang, sebagian besar mahasiswa mengatakan media e-learning AJALT dapat membantu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang. Namun, hanya kurang dari setengah mahasiswa yang mengatakan akan menggunakan media e-learning di luar kelas. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Keefektifan, Media Pembelajaran, E-learning AJALT, Kosakata Bahasa Jepang. | en_US |
dc.title | KEEFEKTIFAN E-LEARNING AJALT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG | en_US |
dc.title.alternative | Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Tingkat I Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |