Show simple item record

dc.contributor.advisorSARI, SOVIA SITTA
dc.contributor.authorTUKARANA, MOHAMAD WIBOWO
dc.date.accessioned2018-02-24T03:08:33Z
dc.date.available2018-02-24T03:08:33Z
dc.date.issued2018-01-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17779
dc.descriptionPerubahan iklim adalah salah satu bentuk dari kerusakan alam yang akan terjadi baik melalui faktor alam itu sendiri ataupun dari faktor makhluk hidup. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa saat ini diperkirakan 40 persen kota di dunia mengalami perubahan iklim. Termasuk wilayah perkotaan Yogyakarta. Kota Yogyakarta merupakan wilayah yang dipadati bangunan. Sementara tutupan vegetasinya sedikit. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan melalui citra saluran inframerah termal, suhu tinggi di Yogyakarta ada di pusat perkotaan. (Republika.co.id, sleman diakses pada tanggal 11 april 2017 jam 16.40 WIB). Untuk mengatasi perubahan iklim ini manusia dituntut harus bisa lebih peduli lagi terhadap lingkungan sekitar agar dampak dari perubahan iklim bisa diminimalisir. Dalam penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi Youth For Climate Change Yogyakarta dalam mengembangkan kesadaran masyarakat Yogyakarta untuk peduli lingkungan Tahun 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi YFCC Yogyakarta dalam mengembangkan kesadaran masyarakat Yogyakarta untuk peduli lingkungan 2017 apakah sudah berhasil atau belum. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan wawancara dan studi dokumentasi untuk memperoleh data. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua Youth For Climate Change Yogyakarta yang menjalankan strategi komunikasi dan juga admin informasi YFCC Yogyakarta yang menyebarkan informasi dan masyarakat yang terlibat langsung dalam kegiatan yang YFCC Yogyakarta lakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang Youth For Climate Change Yogyakarta lakukan dalam mengembangkan kesadaran masyarakat Yogyakarta untuk peduli lingkungan Tahun 2017 dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu perencanaan strategi komunikasi, menentukan Komunikator, Pesan dan Media, pelaksanaan kegiatan strategi komunikasi yang dibagi menjadi dua tahap yaitu pelaksanaan kegiatan strategi komunikasi tatap muka dan juga pelaksanaan kegiatan strategi komunikasi melalui CYBER, dan melakukan tahap evaluasi YFCC Yogyakarta mempunyai 2 tahapan evaluasi yaitu: evaluasi sumber daya manusia atau SDM per enam bulan sekali dan evaluasi perkegiatan yang sudah dilakukan.en_US
dc.description.abstractClimate change is one form of natural destruction that will occur either through the natural factor itself or from the factors of living things. From the research results prove that currently estimated 40 percent of cities in the world experiencing climate change. Including urban areas of Yogyakarta. The city of Yogyakarta is a densely packed area. While the vegetation cover is small. Based on the observations made through the image of the thermal infrared channel, the high temperature in Yogyakarta is in the urban center. (Republika.co.id, sleman accessed on 11 April 2017 at 16:40 hrs). To cope with climate change, humans are required to be more concerned about the surrounding environment so that the impact of climate change can be minimized. In this study, we discussed the Yogyakarta Youth For Climate Change Communication Strategy in developing the awareness of Yogyakarta society for the environment in 2017. The purpose of this research is to describe YFCC Yogyakarta's communication strategy in developing awareness of Yogyakarta society to be environmentally care 2017 whether it has succeed or not. This research method used descriptive qualitative with interview and documentation study to get data. The subjects in this study were the Yogyakarta Youth For Climate Change chairman who runs the communication strategy as well as the YFCC Yogyakarta information admin who disseminates information and the community directly involved in the activities YFCC Yogyakarta is doing. The results of this study indicate that the Yogyakarta Youth For Climate Change communication strategy to do in developing the awareness of the Yogyakarta community to care for the environment of 2017 is divided into several stages, namely planning communication strategy, determining Communicators, Messages and Media, the implementation of communication strategy activities are divided into two the stage of the implementation of communication strategy face-to-face and also the implementation of communication strategy activities through CYBER, and conduct evaluation phase YFCC Yogyakarta has 2 stages of evaluation, namely: evaluation of human resources or human resources per six months and evaluations of activities that have been done.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UMYen_US
dc.titleSTRATEGI KOMUNIKASI YOUTH FOR CLIMATE CHANGE YOGYAKARTA ( YFCC ) DALAM MENGEMBANGKAN KESADARAN MASYARAKAT YOGYAKARTA UNTUK PEDULI LINGKUNGAN TAHUN 2017en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 001en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record