Show simple item record

dc.contributor.advisorSUSWANTA, SUSWANTA
dc.contributor.authorRAMADLAN, BENNY
dc.date.accessioned2018-03-09T03:03:36Z
dc.date.available2018-03-09T03:03:36Z
dc.date.issued2015-04-23
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17836
dc.descriptionAdministrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan infrormasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Berdasarkan undang-undang Nomor 23 Tahun 2009 tentang admnistrasi kependudukan , masyarakat mempunyai kewajiban untuk pendaftarkan diri apabila sudah dewasa yaitu berumur 17 tahun ke atas untuk pembuatan eKTP dan mengurus Akta Kelahiran, Akta Pernikahan dan Kartu Kelurga.Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara yang baru terbentuk pada 2009 memliki tugas agar masyarakat mempunya dokumen kependudukan Kabupaten Lombok Utara dan melihat data kepemilikan dokumen kependudukan yang masih minim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mendapatkan kesimpulan yang objektif. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Kependudukan dan Penctatan Sipil Kabupaten Lombok Utara. Dalam penelitian ini pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara sebagai sumber informasinya sebagai basis data. Jenis data yang digunakan oleh peneliti yaitu data primer dan data sekunder, yang dimana data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisa dari penelitian ini menggunakan reduksi data, data display dan conclusion drawing yaitu hasil wawancara dan observasi dikumpukan dan penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Hasil analisis penulis dari penelitian ini mengambarkan bahwa kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan untuk pembuatan e-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Perkawainan ialah cukup baik ini di lihat dari tanggpan masyarakat yang sebagian besar menyukai pelayanan namun untuk pendukung pelayanan masih kurang seperti AC, tempat parkir dan atribut pendukung pelayanan lainnya dan perlu di perbaiki kedepannya. ada beberapa capain kerja yang belum sesuai target seperti Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, e-KTP dan ada juga capain kerja yang melebihi target yakni Kartu Keluarga yang melebihi target capain dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utaradari target 90% dan terealisasi ialah 98% . Berdasarkan hasil kesimpulan penulis dari penelitian ini, penulis menyarankan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berkerja lebih optimal dalam sosialisasi akan pentingnya dokumen kependudukan, memperbaiki pendukung pelayanan agar warga merasakan kenyamanan dalam pembuatan e-KTP,Akta Kelahiran,Akta Perkawinan, dan Kartu Keluarga dan penambahan pegawai agar pelayanan lebih optimal. Serta harus tercapainya target yang sudah di tentukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam kepemilikan dokumen kependudukan, agar tercapainya visi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara yaitu Lombok Utara Tertib Administrasi Kependudukan tahun 2015.en_US
dc.description.abstractAdministrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan infrormasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Berdasarkan undang-undang Nomor 23 Tahun 2009 tentang admnistrasi kependudukan , masyarakat mempunyai kewajiban untuk pendaftarkan diri apabila sudah dewasa yaitu berumur 17 tahun ke atas untuk pembuatan eKTP dan mengurus Akta Kelahiran, Akta Pernikahan dan Kartu Kelurga.Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara yang baru terbentuk pada 2009 memliki tugas agar masyarakat mempunya dokumen kependudukan Kabupaten Lombok Utara dan melihat data kepemilikan dokumen kependudukan yang masih minim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mendapatkan kesimpulan yang objektif. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Kependudukan dan Penctatan Sipil Kabupaten Lombok Utara. Dalam penelitian ini pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara sebagai sumber informasinya sebagai basis data. Jenis data yang digunakan oleh peneliti yaitu data primer dan data sekunder, yang dimana data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisa dari penelitian ini menggunakan reduksi data, data display dan conclusion drawing yaitu hasil wawancara dan observasi dikumpukan dan penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Hasil analisis penulis dari penelitian ini mengambarkan bahwa kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan untuk pembuatan e-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Perkawainan ialah cukup baik ini di lihat dari tanggpan masyarakat yang sebagian besar menyukai pelayanan namun untuk pendukung pelayanan masih kurang seperti AC, tempat parkir dan atribut pendukung pelayanan lainnya dan perlu di perbaiki kedepannya. ada beberapa capain kerja yang belum sesuai target seperti Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, e-KTP dan ada juga capain kerja yang melebihi target yakni Kartu Keluarga yang melebihi target capain dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utaradari target 90% dan terealisasi ialah 98% . Berdasarkan hasil kesimpulan penulis dari penelitian ini, penulis menyarankan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berkerja lebih optimal dalam sosialisasi akan pentingnya dokumen kependudukan, memperbaiki pendukung pelayanan agar warga merasakan kenyamanan dalam pembuatan e-KTP,Akta Kelahiran,Akta Perkawinan, dan Kartu Keluarga dan penambahan pegawai agar pelayanan lebih optimal. Serta harus tercapainya target yang sudah di tentukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam kepemilikan dokumen kependudukan, agar tercapainya visi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara yaitu Lombok Utara Tertib Administrasi Kependudukan tahun 2015.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKINERJA PELAYANANen_US
dc.subjectADMNISTRASI DINAS KEPENDUDUKANen_US
dc.subjectE-KTPen_US
dc.subjectKARTU KELUARGAen_US
dc.subjectAKTA PERKAWINANen_US
dc.subjectAKTA KELAHIRANen_US
dc.titleKINERJA PELAYANAN ADMNISTRASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PEMBAUATAN E-KTP, KARTU KELUARGA, AKTA PERKAWINAN DAN AKTA KELAHIRAN DI KABUPATEN LOMBOK UTARA 2013en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record