KINERJA PELAYANAN ADMNISTRASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PEMBAUATAN E-KTP, KARTU KELUARGA, AKTA PERKAWINAN DAN AKTA KELAHIRAN DI KABUPATEN LOMBOK UTARA 2013
Abstract
Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban
dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil,
pengelolaan infrormasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk
pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Berdasarkan undang-undang Nomor 23
Tahun 2009 tentang admnistrasi kependudukan , masyarakat mempunyai kewajiban untuk
pendaftarkan diri apabila sudah dewasa yaitu berumur 17 tahun ke atas untuk pembuatan eKTP
dan mengurus Akta Kelahiran, Akta Pernikahan dan Kartu Kelurga.Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara yang baru terbentuk pada
2009 memliki tugas agar masyarakat mempunya dokumen kependudukan Kabupaten
Lombok Utara dan melihat data kepemilikan dokumen kependudukan yang masih minim.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk
mendapatkan kesimpulan yang objektif. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Kependudukan
dan Penctatan Sipil Kabupaten Lombok Utara. Dalam penelitian ini pihak Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara sebagai sumber informasinya
sebagai basis data. Jenis data yang digunakan oleh peneliti yaitu data primer dan data
sekunder, yang dimana data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari
dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara
dan teknik dokumentasi. Teknik analisa dari penelitian ini menggunakan reduksi data, data
display dan conclusion drawing yaitu hasil wawancara dan observasi dikumpukan dan
penyajian data lalu penarikan kesimpulan.
Hasil analisis penulis dari penelitian ini mengambarkan bahwa kinerja Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan untuk
pembuatan e-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Perkawainan ialah cukup baik ini
di lihat dari tanggpan masyarakat yang sebagian besar menyukai pelayanan namun untuk
pendukung pelayanan masih kurang seperti AC, tempat parkir dan atribut pendukung
pelayanan lainnya dan perlu di perbaiki kedepannya. ada beberapa capain kerja yang belum
sesuai target seperti Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, e-KTP dan ada juga capain kerja yang
melebihi target yakni Kartu Keluarga yang melebihi target capain dari Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utaradari target 90% dan terealisasi ialah 98% .
Berdasarkan hasil kesimpulan penulis dari penelitian ini, penulis menyarankan agar
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berkerja lebih optimal dalam sosialisasi akan
pentingnya dokumen kependudukan, memperbaiki pendukung pelayanan agar warga
merasakan kenyamanan dalam pembuatan e-KTP,Akta Kelahiran,Akta Perkawinan, dan
Kartu Keluarga dan penambahan pegawai agar pelayanan lebih optimal. Serta harus
tercapainya target yang sudah di tentukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
dalam kepemilikan dokumen kependudukan, agar tercapainya visi dari Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara yaitu Lombok Utara Tertib Administrasi
Kependudukan tahun 2015.