HUBUNGAN ISLAMIC PARENTING SKILL DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA ANAK KELAS 5 SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN TAMANTIRTO
Abstract
Keluarga dalam hubungannya dengan anak diidentikkan sebagai tempat atau
lembaga pengasuhan yang paling dapat memberi kasih sayang. Didalam
keluargalah kali pertama anak-anak mendapat pengalaman dini secara langsung
dan dapat digunakan sebagai pembelajaran. . Pola asuh orang tua adalah suatu
cara terbaik yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anak sebagai
perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak termasuk dengan menerapkan
Islamic Parenting Skill. Hasil dari Islamic Parenting Skill harus mampu
membentuk karakter peserta didik yang memiliki multiple intelligence, baik yang
berkaitan dengan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan
spiritual sehingga mereka mampu menghadapi problema hidup dan kehidupannya.
Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui hubungan antara Islamic Parenting
Skill dengan kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh anak di kelurahan Tamantirto
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non eksperimen
dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah stratified random sampling. Sampel yang digunakan untuk penelitian
adalah sebanyak 141 orang anak kelas 5 SD di kelurahan Tamantirto.
Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner yang akan diisi oleh
responden.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat
antara Islamic Parenting Skill dengan kecerdasan spiritual anak (p value = .ooo)
dengan nilai korelasi sebesar 0,704. Secara garis besar Islamic Parenting Skill
yang dimiliki oleh orang di kategorikan baik dengan persentase 47,51% (67
orang) sedangkan untuk kecerdasan spiritual anak juga berada di kategori baik
dengan persentase 51,06% (72 orang). Dengan hasil yang baik ini diharapkan
orangtua bisa menerapkan Islamic Parenting Skill dalam mengasuh anaknya
sehari-hari gune membentuk dan meningkatkan kecerdasan spiritual anak.