PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA USIA 9-10 TAHUN DI SD NEGERI KEPUTRAN 2 YOGYAKARTA
Abstract
Latar Belakang: Prevalensi karies dilaporkan cukup tinggi di Indonesia..
Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut yang masih kurang, menjadi salah satu
penyebab kurangnya kesadaran menjaga kesehatan gigi dan mulut.. Pendidikan
kesehatan gigi dan mulut pada anak usia 9-10 tahun sangat diperlukan, karena
anak pada usia tersebut sedang mengalami periode gigi bercampur yang rentan
terkena karies. Power Point adalah salah satu media yang diharapkan dapat
membantu meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan media Power Point terhadap
tingkat pengetahuan siswa usia 9-10 tahun di SD Negeri Keputran 2
Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu
(quasi experiment) dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest
design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Keputran 2 Yogyakarta dengan
sampel sejumlah 29 siswa yang didapatkan dengan cara total sampling.
Hasil Penelitian: Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon,
hasilnya menunjukkan p<0,05 yang artinya terdapat perbedaan sebelum dan
sesudah dilakukan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan media Power
Point.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan
media Power Point terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut
siswa usia 9-10 tahun di SD Negeri Keputran 2 Yogyakarta.