Show simple item record

dc.contributor.advisorSUCIATI, SUCIATI
dc.contributor.authorPRASETYA, HERBUDI TRI
dc.date.accessioned2018-03-19T01:43:27Z
dc.date.available2018-03-19T01:43:27Z
dc.date.issued2015-12-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18051
dc.descriptionORIGIN MERCH merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis perancangan, produksi, dan penjualan pakaian secara mandiri. Didirikan tahun 2010 di Yogyakarta, ORIGIN MERCH menyasar kalangan muda. Perusahaan ini melihat kalangan muda di lingkungan musik underground Yogyakarta sangat berpotensi untuk dijadikan basis pasar yang kuat, yang kemudian dapat menjadi landasan menuju ke lingkungan pasar lebih luas. Pertanyaannya kemudian metode apakah yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk? Ditambah dengan fakta bahwa ORIGIN MERCH memiliki banyak kompetitor di bidang yang sama, maka perlu dipikirkan stategi promosi yang tepat untuk meningkatkan daya jual. Mensiasati tantangan ini ORIGIN MERCH melakukan terobosan yang dinilai sebagai strategi efektif, yakni endorse band. Strategi ini dilakukan dalam rangka menciptakan dan meningkatkan awarness supaya ORIGIN MERCH dikenal oleh kalangan khalayak luas. Penelitian ini berusaha menganalisis strategi promosi endorse band yang dilakukan oleh ORIGIN MERCH untuk menciptakan awarness. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif, sehingga dalam penelitian ini peneliti tidak mencari maupun menguji hipotesis. Tujuan peneliti adalah mengevaluasi strategi promosi ORIGIN MERCH untuk menciptakan awarness melalui strategi endorse band. Sumber dari penelitan berasal dari pemilik, karyawan, dan pengunjung di toko ORIGIN MERCH. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, arsip, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan strategi promosi endorse band ORIGIN MERCH melakukan tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Mulai dari merencanakan band apa yang akan di jadikan endoser, pelaksaanaan kontrak kerja sebagai endorser hingga evaluasi mengenai efektif tidaknya strategi endoser band. Sampai saat ini strategi promosi ini yang dilakukan dirasa cukup berhasil. Ini diketahui dari indikator meningkatnya jumlah pengunjung sekaligus pelanggan setiap bulannya. Meskipun demikian ORIGIN MERCH masih perlu meningkatkan dan mengembangkan strategi endorse band yang dilakukannya.en_US
dc.description.abstractORIGIN MERCH merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis perancangan, produksi, dan penjualan pakaian secara mandiri. Didirikan tahun 2010 di Yogyakarta, ORIGIN MERCH menyasar kalangan muda. Perusahaan ini melihat kalangan muda di lingkungan musik underground Yogyakarta sangat berpotensi untuk dijadikan basis pasar yang kuat, yang kemudian dapat menjadi landasan menuju ke lingkungan pasar lebih luas. Pertanyaannya kemudian metode apakah yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk? Ditambah dengan fakta bahwa ORIGIN MERCH memiliki banyak kompetitor di bidang yang sama, maka perlu dipikirkan stategi promosi yang tepat untuk meningkatkan daya jual. Mensiasati tantangan ini ORIGIN MERCH melakukan terobosan yang dinilai sebagai strategi efektif, yakni endorse band. Strategi ini dilakukan dalam rangka menciptakan dan meningkatkan awarness supaya ORIGIN MERCH dikenal oleh kalangan khalayak luas. Penelitian ini berusaha menganalisis strategi promosi endorse band yang dilakukan oleh ORIGIN MERCH untuk menciptakan awarness. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif, sehingga dalam penelitian ini peneliti tidak mencari maupun menguji hipotesis. Tujuan peneliti adalah mengevaluasi strategi promosi ORIGIN MERCH untuk menciptakan awarness melalui strategi endorse band. Sumber dari penelitan berasal dari pemilik, karyawan, dan pengunjung di toko ORIGIN MERCH. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, arsip, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan strategi promosi endorse band ORIGIN MERCH melakukan tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Mulai dari merencanakan band apa yang akan di jadikan endoser, pelaksaanaan kontrak kerja sebagai endorser hingga evaluasi mengenai efektif tidaknya strategi endoser band. Sampai saat ini strategi promosi ini yang dilakukan dirasa cukup berhasil. Ini diketahui dari indikator meningkatnya jumlah pengunjung sekaligus pelanggan setiap bulannya. Meskipun demikian ORIGIN MERCH masih perlu meningkatkan dan mengembangkan strategi endorse band yang dilakukannya.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStategi Promosi, Endorse Band, Awarness, ORIGIN MERCHen_US
dc.titleSTRATEGI PROMOSI DISTRO ORIGIN MERCH DALAM MENCIPTAKAN AWARNESS MELALUI ENDORSE BAND TAHUN 2015 (Studi Deskriptif tentang Strategi Promosi Distro ORIGIN MERCH dalam menciptakan awareness melalui Endorse band)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record