dc.contributor.advisor | SUCIATI, SUCIATI | |
dc.contributor.author | PRASETYA, HERBUDI TRI | |
dc.date.accessioned | 2018-03-19T01:43:27Z | |
dc.date.available | 2018-03-19T01:43:27Z | |
dc.date.issued | 2015-12-30 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18051 | |
dc.description | ORIGIN MERCH merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis
perancangan, produksi, dan penjualan pakaian secara mandiri. Didirikan tahun
2010 di Yogyakarta, ORIGIN MERCH menyasar kalangan muda. Perusahaan ini
melihat kalangan muda di lingkungan musik underground Yogyakarta sangat
berpotensi untuk dijadikan basis pasar yang kuat, yang kemudian dapat menjadi
landasan menuju ke lingkungan pasar lebih luas. Pertanyaannya kemudian metode
apakah yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk? Ditambah dengan fakta
bahwa ORIGIN MERCH memiliki banyak kompetitor di bidang yang sama, maka
perlu dipikirkan stategi promosi yang tepat untuk meningkatkan daya jual.
Mensiasati tantangan ini ORIGIN MERCH melakukan terobosan yang dinilai
sebagai strategi efektif, yakni endorse band. Strategi ini dilakukan dalam rangka
menciptakan dan meningkatkan awarness supaya ORIGIN MERCH dikenal oleh
kalangan khalayak luas.
Penelitian ini berusaha menganalisis strategi promosi endorse band yang
dilakukan oleh ORIGIN MERCH untuk menciptakan awarness. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif, sehingga
dalam penelitian ini peneliti tidak mencari maupun menguji hipotesis. Tujuan
peneliti adalah mengevaluasi strategi promosi ORIGIN MERCH untuk
menciptakan awarness melalui strategi endorse band. Sumber dari penelitan
berasal dari pemilik, karyawan, dan pengunjung di toko ORIGIN MERCH. Dalam
penelitian ini teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, arsip, dan
studi pustaka.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan strategi
promosi endorse band ORIGIN MERCH melakukan tiga tahapan yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Mulai dari merencanakan band apa yang
akan di jadikan endoser, pelaksaanaan kontrak kerja sebagai endorser hingga
evaluasi mengenai efektif tidaknya strategi endoser band.
Sampai saat ini strategi promosi ini yang dilakukan dirasa cukup berhasil.
Ini diketahui dari indikator meningkatnya jumlah pengunjung sekaligus pelanggan
setiap bulannya. Meskipun demikian ORIGIN MERCH masih perlu
meningkatkan dan mengembangkan strategi endorse band yang dilakukannya. | en_US |
dc.description.abstract | ORIGIN MERCH merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis
perancangan, produksi, dan penjualan pakaian secara mandiri. Didirikan tahun
2010 di Yogyakarta, ORIGIN MERCH menyasar kalangan muda. Perusahaan ini
melihat kalangan muda di lingkungan musik underground Yogyakarta sangat
berpotensi untuk dijadikan basis pasar yang kuat, yang kemudian dapat menjadi
landasan menuju ke lingkungan pasar lebih luas. Pertanyaannya kemudian metode
apakah yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk? Ditambah dengan fakta
bahwa ORIGIN MERCH memiliki banyak kompetitor di bidang yang sama, maka
perlu dipikirkan stategi promosi yang tepat untuk meningkatkan daya jual.
Mensiasati tantangan ini ORIGIN MERCH melakukan terobosan yang dinilai
sebagai strategi efektif, yakni endorse band. Strategi ini dilakukan dalam rangka
menciptakan dan meningkatkan awarness supaya ORIGIN MERCH dikenal oleh
kalangan khalayak luas.
Penelitian ini berusaha menganalisis strategi promosi endorse band yang
dilakukan oleh ORIGIN MERCH untuk menciptakan awarness. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif, sehingga
dalam penelitian ini peneliti tidak mencari maupun menguji hipotesis. Tujuan
peneliti adalah mengevaluasi strategi promosi ORIGIN MERCH untuk
menciptakan awarness melalui strategi endorse band. Sumber dari penelitan
berasal dari pemilik, karyawan, dan pengunjung di toko ORIGIN MERCH. Dalam
penelitian ini teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, arsip, dan
studi pustaka.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan strategi
promosi endorse band ORIGIN MERCH melakukan tiga tahapan yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Mulai dari merencanakan band apa yang
akan di jadikan endoser, pelaksaanaan kontrak kerja sebagai endorser hingga
evaluasi mengenai efektif tidaknya strategi endoser band.
Sampai saat ini strategi promosi ini yang dilakukan dirasa cukup berhasil.
Ini diketahui dari indikator meningkatnya jumlah pengunjung sekaligus pelanggan
setiap bulannya. Meskipun demikian ORIGIN MERCH masih perlu
meningkatkan dan mengembangkan strategi endorse band yang dilakukannya. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Stategi Promosi, Endorse Band, Awarness, ORIGIN MERCH | en_US |
dc.title | STRATEGI PROMOSI DISTRO ORIGIN MERCH DALAM MENCIPTAKAN AWARNESS MELALUI ENDORSE BAND TAHUN 2015 (Studi Deskriptif tentang Strategi Promosi Distro ORIGIN MERCH dalam menciptakan awareness melalui Endorse band) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |