Show simple item record

dc.contributor.authorKHUSNULWANTI, ARIFAH
dc.date.accessioned2018-03-19T06:22:27Z
dc.date.available2018-03-19T06:22:27Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18068
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pemasaran produk pembiayaan pada koperasi jasa keuangan syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Muamalah Mandiri. Masalah pokok penelitian ini adalah strategi yang digunakan BTM AMMAN untuk mengoptimalkan pemasaran produk pembiayaan dan fungsi intermediasi BTM AMMAN dalam penyaluran dana ke masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan/studi lapangan. Jenis data dalam penelitian ini terdiri atas dua sumber, yaitu data primer yang diperoleh dengan teknik wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan BTM AMMAN. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran dana atau pembiayaan pada BTM AMMAN pada tahun 2012 belum berjalan optimal. Hal ini dilihat dari pencapaian penyaluran dana atau pembiayaan yang belum masuk pada nilai standar FDR (Financing to Deposit Ratio) yang ditentukan oleh koperasi yaitu 75% - 100% , sedangkan pada tahun 2013- 2014 sudah berjalan optimal dan sudah sesuai dengan nilai standar FDR yang ditentukan koperasi. pencapaian pada tahun 2012 sebesar 70% , pada tahun 2013 naik menjadi 85,57% dan pada tahun 2014 sebesar 87,02%.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pemasaran produk pembiayaan pada koperasi jasa keuangan syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Muamalah Mandiri. Masalah pokok penelitian ini adalah strategi yang digunakan BTM AMMAN untuk mengoptimalkan pemasaran produk pembiayaan dan fungsi intermediasi BTM AMMAN dalam penyaluran dana ke masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan/studi lapangan. Jenis data dalam penelitian ini terdiri atas dua sumber, yaitu data primer yang diperoleh dengan teknik wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan BTM AMMAN. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran dana atau pembiayaan pada BTM AMMAN pada tahun 2012 belum berjalan optimal. Hal ini dilihat dari pencapaian penyaluran dana atau pembiayaan yang belum masuk pada nilai standar FDR (Financing to Deposit Ratio) yang ditentukan oleh koperasi yaitu 75% - 100% , sedangkan pada tahun 2013- 2014 sudah berjalan optimal dan sudah sesuai dengan nilai standar FDR yang ditentukan koperasi. pencapaian pada tahun 2012 sebesar 70% , pada tahun 2013 naik menjadi 85,57% dan pada tahun 2014 sebesar 87,02%.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectoptimalisasi, pemasaran, produk pembiayaanen_US
dc.titleOPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH MUAMALAH MANDIRI MAGELANGen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record