OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH MUAMALAH MANDIRI MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pemasaran
produk pembiayaan pada koperasi jasa keuangan syariah Baitut Tamwil
Muhammadiyah Muamalah Mandiri. Masalah pokok penelitian ini adalah
strategi yang digunakan BTM AMMAN untuk mengoptimalkan pemasaran
produk pembiayaan dan fungsi intermediasi BTM AMMAN dalam
penyaluran dana ke masyarakat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan/studi lapangan.
Jenis data dalam penelitian ini terdiri atas dua sumber, yaitu data primer
yang diperoleh dengan teknik wawancara dan data sekunder yang diperoleh
dari laporan keuangan BTM AMMAN. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.
Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran dana atau
pembiayaan pada BTM AMMAN pada tahun 2012 belum berjalan optimal.
Hal ini dilihat dari pencapaian penyaluran dana atau pembiayaan yang
belum masuk pada nilai standar FDR (Financing to Deposit Ratio) yang
ditentukan oleh koperasi yaitu 75% - 100% , sedangkan pada tahun 2013-
2014 sudah berjalan optimal dan sudah sesuai dengan nilai standar FDR
yang ditentukan koperasi. pencapaian pada tahun 2012 sebesar 70% , pada
tahun 2013 naik menjadi 85,57% dan pada tahun 2014 sebesar 87,02%.