Show simple item record

dc.contributor.authorALQOMA, DIAN
dc.date.accessioned2018-03-20T05:55:20Z
dc.date.available2018-03-20T05:55:20Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18094
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan agama Islam dalam penanaman sikap toleransi kepada peserta didik di MA Ali Maksum Krapyak. Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana sikap toleransi peserta didik, cara penanaman sikap toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, serta faktor penghambat dan pendukung penanaman sikap toleransi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Akhlak dan Qur’an Hadits serta peserta didik MA Ali Maksum kelas XI dan XII. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap toleransi peserta didik di MA Ali Maksum krapyak sudah bagus, penanaman sikap toleransi tersebut mereka dapatkan dari (a) kesadaran diri sendiri, (b) nasehat dan bimbingan guru, (c) teladan guru. (2) Cara penanaman sikap toleransi pada pembelajaran PAI adalah (a) dengan metode diskusi pada saat pembelajaran di kelas dan (b) adanya program-program pembelajaran di luar kelas, yaitu program pertukaran pelajar (AFS), bakti sosial, dan pengajian malam jum’at. (3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap toleransi kepada peserta didik yaitu faktor pendukung adalah kultur pondok pesantren dan sistem boarding school. Faktor penghambat adalah perbedaan latar belakang peserta didik sehingga mempengaruhi adaptasinya dengan lingkungan.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan agama Islam dalam penanaman sikap toleransi kepada peserta didik di MA Ali Maksum Krapyak. Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana sikap toleransi peserta didik, cara penanaman sikap toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, serta faktor penghambat dan pendukung penanaman sikap toleransi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Akhlak dan Qur’an Hadits serta peserta didik MA Ali Maksum kelas XI dan XII. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap toleransi peserta didik di MA Ali Maksum krapyak sudah bagus, penanaman sikap toleransi tersebut mereka dapatkan dari (a) kesadaran diri sendiri, (b) nasehat dan bimbingan guru, (c) teladan guru. (2) Cara penanaman sikap toleransi pada pembelajaran PAI adalah (a) dengan metode diskusi pada saat pembelajaran di kelas dan (b) adanya program-program pembelajaran di luar kelas, yaitu program pertukaran pelajar (AFS), bakti sosial, dan pengajian malam jum’at. (3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap toleransi kepada peserta didik yaitu faktor pendukung adalah kultur pondok pesantren dan sistem boarding school. Faktor penghambat adalah perbedaan latar belakang peserta didik sehingga mempengaruhi adaptasinya dengan lingkungan.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islam, Penanaman Sikap, Peserta Didiken_US
dc.titlePENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN SIKAP TOLERANSIKEPDA PERESTA DIDIKen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record