Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUSUF A
dc.contributor.authorFERIANSAH, ANANG
dc.date.accessioned2018-03-21T02:31:26Z
dc.date.available2018-03-21T02:31:26Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18102
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembinaan akhlak yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sleman dan juga mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pembinaan akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data diambil dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif analitik dengan menggunakan data reduction, data display,dan conclusion drawing. Dari penelitian tersebut ada beberapa hasil analisis yang di dapatkan. Hasil analisis data menunjukkan pembinaan yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sleman dibagi menjadi dua yaitu pembinaan kemandirian dan pembinaan kepribadian. Pembinaan ini lebih menekankan pada aspek perubahan fundamental, perubahan karakter, dan perubahan kebiasaan dengan menerapkan program-Program pembinaan akhlak seperti Crash Program Blok, mengaji al-Qur‟an, pembacaan asmaul husnaa, tausiah, shalat jamaah dzuhur dan ashar, kultum dan peringatan hari besar. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembinaan akhlak yaitu Kalapas, pihak regu jaga, teman satu WBP, dan buku-buku pendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembinaan akhlak yaitu tempat yang terbatas, pembina yang terbatas, data yang terbatas, kurang dukungan keluarga, dan WBP terpuruk pada kasus.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembinaan akhlak yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sleman dan juga mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pembinaan akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data diambil dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif analitik dengan menggunakan data reduction, data display,dan conclusion drawing. Dari penelitian tersebut ada beberapa hasil analisis yang di dapatkan. Hasil analisis data menunjukkan pembinaan yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sleman dibagi menjadi dua yaitu pembinaan kemandirian dan pembinaan kepribadian. Pembinaan ini lebih menekankan pada aspek perubahan fundamental, perubahan karakter, dan perubahan kebiasaan dengan menerapkan program-Program pembinaan akhlak seperti Crash Program Blok, mengaji al-Qur‟an, pembacaan asmaul husnaa, tausiah, shalat jamaah dzuhur dan ashar, kultum dan peringatan hari besar. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembinaan akhlak yaitu Kalapas, pihak regu jaga, teman satu WBP, dan buku-buku pendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembinaan akhlak yaitu tempat yang terbatas, pembina yang terbatas, data yang terbatas, kurang dukungan keluarga, dan WBP terpuruk pada kasus.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectpembinaan akhlak narapidana, pembinaan narapidana, pembinaan di Lapas, Lembaga pemasyarakatan Kelas IIB Sleman.en_US
dc.titleSISTEM PEMBINAAN AKHLAK BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB SLEMANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record