SISTEM PEMBINAAN AKHLAK BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembinaan akhlak yang
dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sleman dan juga mengetahui
faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pembinaan akhlak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber
data diambil dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis
secara deskriptif analitik dengan menggunakan data reduction, data display,dan
conclusion drawing.
Dari penelitian tersebut ada beberapa hasil analisis yang di dapatkan. Hasil
analisis data menunjukkan pembinaan yang dilakukan di Lembaga
Pemasyarakatan Kelas IIB Sleman dibagi menjadi dua yaitu pembinaan
kemandirian dan pembinaan kepribadian. Pembinaan ini lebih menekankan pada
aspek perubahan fundamental, perubahan karakter, dan perubahan kebiasaan
dengan menerapkan program-Program pembinaan akhlak seperti Crash Program
Blok, mengaji al-Qur‟an, pembacaan asmaul husnaa, tausiah, shalat jamaah
dzuhur dan ashar, kultum dan peringatan hari besar. Faktor pendukung dalam
pelaksanaan pembinaan akhlak yaitu Kalapas, pihak regu jaga, teman satu WBP,
dan buku-buku pendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan
pembinaan akhlak yaitu tempat yang terbatas, pembina yang terbatas, data yang
terbatas, kurang dukungan keluarga, dan WBP terpuruk pada kasus.