Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorKUSUMAWATI, RIANTINA
dc.date.accessioned2018-03-21T03:41:51Z
dc.date.available2018-03-21T03:41:51Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18104
dc.descriptionxii ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang tes dan nontes, serta bertujuan untuk menganalisis kualitas tes mata pelajaran Kemuhammadiyahan yang disusun langsung oleh guru kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dan sebagai subyek penelitiannya adalah guru kelas yang mengampu di kelas 1 dan 2 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, data dianalisis secara deskriptif, korelasi point biserial, korelasi product moment, rumus Alpha, pendekatan single-test-single-trial dengan menggunakan Formula Rulon, rumus yang dikemukakan oleh Du Bois untuk mencari indek kesukaran item, rumus D untuk mencari daya pembeda butir tes, MS. Excel. Kemampuan guru dalam merancang tes dan nontes masih kurang, hal ini dapat dilihat pada langkah-langkah yang ditempuh guru dalam merancang tes dan nontes belum sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi dalam bukunya yang berjudul Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes, hasil ini diperoleh dari wawancara yang peneliti lakukan, kualitas tes yang dirancang oleh guru pun masih dapat dikatakan jelek karena tidak sesuai dengan kriteria dalam validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distraktor.en_US
dc.description.abstractxii ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang tes dan nontes, serta bertujuan untuk menganalisis kualitas tes mata pelajaran Kemuhammadiyahan yang disusun langsung oleh guru kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dan sebagai subyek penelitiannya adalah guru kelas yang mengampu di kelas 1 dan 2 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, data dianalisis secara deskriptif, korelasi point biserial, korelasi product moment, rumus Alpha, pendekatan single-test-single-trial dengan menggunakan Formula Rulon, rumus yang dikemukakan oleh Du Bois untuk mencari indek kesukaran item, rumus D untuk mencari daya pembeda butir tes, MS. Excel. Kemampuan guru dalam merancang tes dan nontes masih kurang, hal ini dapat dilihat pada langkah-langkah yang ditempuh guru dalam merancang tes dan nontes belum sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi dalam bukunya yang berjudul Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes, hasil ini diperoleh dari wawancara yang peneliti lakukan, kualitas tes yang dirancang oleh guru pun masih dapat dikatakan jelek karena tidak sesuai dengan kriteria dalam validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distraktor.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectkemampuan guru, kualitas tesen_US
dc.titleKEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG TES DAN NONTES PADA MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SD MUHAMMADIYAH DADAPAN, SLEMAN, YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record