View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG TES DAN NONTES PADA MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SD MUHAMMADIYAH DADAPAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (211.6Kb)
      BAB II (320.3Kb)
      BAB III (90.99Kb)
      BAB IV (808.0Kb)
      BAB V (174.6Kb)
      COVER (151.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (534.3Kb)
      LAMPIRAN (4.665Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (198.1Kb)
      Date
      2015
      Author
      KUSUMAWATI, RIANTINA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      xii ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang tes dan nontes, serta bertujuan untuk menganalisis kualitas tes mata pelajaran Kemuhammadiyahan yang disusun langsung oleh guru kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dan sebagai subyek penelitiannya adalah guru kelas yang mengampu di kelas 1 dan 2 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, data dianalisis secara deskriptif, korelasi point biserial, korelasi product moment, rumus Alpha, pendekatan single-test-single-trial dengan menggunakan Formula Rulon, rumus yang dikemukakan oleh Du Bois untuk mencari indek kesukaran item, rumus D untuk mencari daya pembeda butir tes, MS. Excel. Kemampuan guru dalam merancang tes dan nontes masih kurang, hal ini dapat dilihat pada langkah-langkah yang ditempuh guru dalam merancang tes dan nontes belum sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi dalam bukunya yang berjudul Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes, hasil ini diperoleh dari wawancara yang peneliti lakukan, kualitas tes yang dirancang oleh guru pun masih dapat dikatakan jelek karena tidak sesuai dengan kriteria dalam validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distraktor.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18104
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV