KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG TES DAN NONTES PADA MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SD MUHAMMADIYAH DADAPAN, SLEMAN, YOGYAKARTA
Abstract
xii
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang
tes dan nontes, serta bertujuan untuk menganalisis kualitas tes mata pelajaran
Kemuhammadiyahan yang disusun langsung oleh guru kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dan kualitatif, dan sebagai subyek penelitiannya adalah guru kelas yang
mengampu di kelas 1 dan 2 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan
dokumentasi, data dianalisis secara deskriptif, korelasi point biserial, korelasi product
moment, rumus Alpha, pendekatan single-test-single-trial dengan menggunakan Formula
Rulon, rumus yang dikemukakan oleh Du Bois untuk mencari indek kesukaran item, rumus D
untuk mencari daya pembeda butir tes, MS. Excel.
Kemampuan guru dalam merancang tes dan nontes masih kurang, hal ini dapat dilihat
pada langkah-langkah yang ditempuh guru dalam merancang tes dan nontes belum sesuai
dengan teori yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi dalam bukunya yang berjudul Teknik
Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes, hasil ini diperoleh dari wawancara yang peneliti
lakukan, kualitas tes yang dirancang oleh guru pun masih dapat dikatakan jelek karena tidak
sesuai dengan kriteria dalam validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan fungsi
distraktor.