View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN EVALUASI RANAH AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (217.7Kb)
      BAB II (265.7Kb)
      BAB III (100.5Kb)
      BAB IV (632.8Kb)
      BAB V (91.09Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (443.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (497.7Kb)
      LAMPIRAN (114.9Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (216.9Kb)
      Date
      2015
      Author
      SAWALI, ROHMAT
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (2) Bagaimana perencanaan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (3) Bagaimana penerapan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (4) Permasalahan-permasalahan dalam penerapan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data diambil dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif analitik dengan menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa; (1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak sudah dilakukan dengan baik. (2) Perencanaan evaluasi afektif mata pelajaran akidah akhlak sudah dilakukan, meskipun pada tahap perencanaan ini belumlah lengkap sebagaimana tuntutan dari kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. (3) Pada tahap penerapan evaluasi tersebut, guru masih kurang baik. pelaksanaan tidak sepenuhnya sesuai dengan perencanaan. Selain itu pelaksanaan juga banyak dilaksanakan tanpa adanya perencanaan, sehingga terkesan tidak standar dan kurang relialel tentunya dalam pengukuran afektif siswa. (4) Banyak ditemukan permasalahan terkait seluruh rangkaian evaluasi afektif mata pelajaran akidah akhlak. Permasalahan-permasalan tersebut dimulai dari pemahaman guru tentang evaluasi afektif yang masih kurang, proses perencanaan yang sulit dilakukan karena keterbatasan waktu dan tenaga guru, dan pada teknis penerapan evaluasi dalam proses pembelajaran.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18107
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV