View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MATERI DAN METODE PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAṢĀYĀ AL-ABĀ’ LIL ABNĀ’ KARYA MUHAMMAD SYĀKIR AL-ISKANDARĪ

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (118.7Kb)
      BAB I (464.7Kb)
      BAB II (596.1Kb)
      BAB III (809.7Kb)
      BAB IV (435.9Kb)
      BAB V (267.6Kb)
      COVER (131.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (840.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (2.917Mb)
      LAMPIRAN (102.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (137.9Kb)
      Date
      2015
      Author
      PREHATIN, PREHATIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi dan metode pendidikan akhlak dalam Kitab Waṣāyā al-Abā’ lil Abnā’ karya Muhammad Syākir al-Iskandarī dan relevansinya dengan pendidikan Islam saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil kitab Waṣāyā al-Abā’ lil Abnā’ sebagai sumber kajian pokok. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi yaitu mengumpulkan data yang terdapat dalam kitab Waṣāyā al-Abā’ lil Abnā’. Menggunakan pendekatan deskriptif-analitik, yaitu metode pembahasan dengan cara memaparkan masalah dengan cermat dan terarah. Kemudian data yang telah dipaparkan dianalisis dengan metode content analysis, yaitu metode analisis data dengan cara mengklasifikasikan, mengindentifikasi, kemudian dilanjutkan dengan interpretasi. Sumber data primer adalah kitab Waṣāyā al-Abā’ lil Abnā’, dan sumber data skunder adalah buku-buku yang berkaitan judul skripsi yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab Waṣāyā al-Abā’ lil Abnā’, terdapat dua belas materi pendidikan akhlak yaitu akhlak terhadap guru, akhlak terhadap Allah dan Rasul, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap teman, akhlak mencari ilmu, akhlak ketika belajar, akhlak ketika berolahraga dan berada di jalan raya, akhlak dalam majllis, akhlak makan dan minum, akhlak dalam masjid, sifat terpuji, dan terakhir sifat tercela. Dan terdapat dua belas metode pendidikan yaitu metode ceramah, tanya-jawab, pembiasaan, pemberian tugas, hukuman, kisah, metode motivasi, larangan dan ancaman, metode mengulang dan menghafal, memahami dan mencatat, belajar bersama (Muṭāla’ah), mengkaji kembali (Mużākarah), dan metode diskusi kelompok (Munāẓarah). Dari semua materi dan metode yang terdapat dalam kitab Waṣāyā al-Abā’ lil Abnā’ masih relevan dengan pendidikan Islam saat ini.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18140
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV