Show simple item record

dc.contributor.advisorNURWANTO, NURWANTO
dc.contributor.authorHANAFIAH, YUSUF
dc.date.accessioned2018-03-22T06:26:18Z
dc.date.available2018-03-22T06:26:18Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18143
dc.descriptionPenelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa persoalan yang dihadapi para guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, seperti kurangnya sosialisasi dari pemerintah, keterlambatan buku, kesiapan tenaga pendidik, dsb. Ada tiga aspek yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, tingkat kompetensi pedagogik dan profesional guru, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan profesional guru ISMUBA pada proses pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini mengambil studi kasus di MTs. Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah para guru ISMUBA yang mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan atau metode kualitatif. Penelitian ini menggambarkan suatu keadaan atau fenomena dalam proses pembelajaran yang dilakukan para guru ISMUBA pada implementasi kurikulum 2013 secara naratif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu 1) observasi; 2) wawancara mendalam; dan 3) dokumentasi. Adapun hasil atau kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pola pembelajaran yang diterapkan oleh para guru berbedabeda satu dengan yang lainnya. Jadi, kesimpulannya para guru telah cukup mampu dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Adapun beberapa kendala yang dihadapi yaitu kurangnya sosialisasi, keterlambatan pendistribusian buku, sistem penilaian yang rumit, dan jumlah siswa yang diampu terlalu banyak.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa persoalan yang dihadapi para guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, seperti kurangnya sosialisasi dari pemerintah, keterlambatan buku, kesiapan tenaga pendidik, dsb. Ada tiga aspek yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, tingkat kompetensi pedagogik dan profesional guru, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan profesional guru ISMUBA pada proses pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini mengambil studi kasus di MTs. Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah para guru ISMUBA yang mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan atau metode kualitatif. Penelitian ini menggambarkan suatu keadaan atau fenomena dalam proses pembelajaran yang dilakukan para guru ISMUBA pada implementasi kurikulum 2013 secara naratif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu 1) observasi; 2) wawancara mendalam; dan 3) dokumentasi. Adapun hasil atau kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pola pembelajaran yang diterapkan oleh para guru berbedabeda satu dengan yang lainnya. Jadi, kesimpulannya para guru telah cukup mampu dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Adapun beberapa kendala yang dihadapi yaitu kurangnya sosialisasi, keterlambatan pendistribusian buku, sistem penilaian yang rumit, dan jumlah siswa yang diampu terlalu banyak.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectkompetensi pedagogik, profesional, proses pembelajaran, implementasi kurikulum 2013.en_US
dc.titleSTUDI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU ISMUBA PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Studi Kasus MTs. Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record