View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STUDI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU ISMUBA PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Studi Kasus MTs. Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

      Thumbnail
      View/Open
      BAB V (42.63Kb)
      BAB IV (445.6Kb)
      BAB III (34.20Kb)
      BAB II (85.00Kb)
      BAB I (45.73Kb)
      HALAMAN JUDUL (752.6Kb)
      LAMPIRAN (4.710Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (232.5Kb)
      COVER (171.7Kb)
      Date
      2015
      Author
      HANAFIAH, YUSUF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa persoalan yang dihadapi para guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, seperti kurangnya sosialisasi dari pemerintah, keterlambatan buku, kesiapan tenaga pendidik, dsb. Ada tiga aspek yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, tingkat kompetensi pedagogik dan profesional guru, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan profesional guru ISMUBA pada proses pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini mengambil studi kasus di MTs. Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah para guru ISMUBA yang mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan atau metode kualitatif. Penelitian ini menggambarkan suatu keadaan atau fenomena dalam proses pembelajaran yang dilakukan para guru ISMUBA pada implementasi kurikulum 2013 secara naratif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu 1) observasi; 2) wawancara mendalam; dan 3) dokumentasi. Adapun hasil atau kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pola pembelajaran yang diterapkan oleh para guru berbedabeda satu dengan yang lainnya. Jadi, kesimpulannya para guru telah cukup mampu dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Adapun beberapa kendala yang dihadapi yaitu kurangnya sosialisasi, keterlambatan pendistribusian buku, sistem penilaian yang rumit, dan jumlah siswa yang diampu terlalu banyak.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18143
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV