Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUSUF A
dc.contributor.authorNOVANTO, RIZA AWAL
dc.date.accessioned2018-03-24T07:55:43Z
dc.date.available2018-03-24T07:55:43Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18221
dc.descriptionPenelitian ini berjudul Peran Aktivis Muhammadiyah Pada Anak Remaja Mereka Di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal. Banyak generasi penerus pergerakan Muhammadiyah kurang diperhatikan oleh Muhammadiyah itu sendiri terutama dalam hal mendidik anak remaja yang merupakan anak kandung sendiri. Jika kasus seperti ini dibiarkan maka Muhammadiyah di Cabang Talang II Kabupaten Tegal akan mengalami krisis kader yang berakhlak dan bermoral, maka dibutuhkan Pendidikan Agama Islam. Dari latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah: Bagaimana kondisi anak remaja terhadap didikan orang tua yang berstatus Aktivis Muhammadiyah di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal? Dan bagaimana peran aktivis Muhammadiyah dalam Pendidikan Agama Islam pada anak remaja mereka di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi anak remaja terhadap didikan orang tua yang berstatus Aktivis Muhammadiyah di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal dan mengetahui peran aktivis di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal dalam pendidikan agama Islam pada anak remaja mereka. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan terjun langsung ke lapangan (field research). Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah-langkah. pertama, reduksi data; kedua, penyajian data; ketiga, penarikan kesimpulan. Hasilnya, Sudah terdapat peran yang signifikan bagi Aktivis Muhammadiyah dalam pendidikan Agama Islam bagi anak remaja mereka selaku anak kandung. Pada hasil pembahasan di peroleh data bahwa aktivis Muhammadiyah melaksanakan tugas kependidikan sudah sesuai dengan tugasnya sebagai orang tua. Metode yang dilakukan aktivis Muhammadiyah dalam Pendidikan Agama Islam antara lain: pertama, Metode keteladanan; kedua, Metode kedisiplinan; ketiga, Metode nasihat; keempat, Metode pengawasan.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul Peran Aktivis Muhammadiyah Pada Anak Remaja Mereka Di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal. Banyak generasi penerus pergerakan Muhammadiyah kurang diperhatikan oleh Muhammadiyah itu sendiri terutama dalam hal mendidik anak remaja yang merupakan anak kandung sendiri. Jika kasus seperti ini dibiarkan maka Muhammadiyah di Cabang Talang II Kabupaten Tegal akan mengalami krisis kader yang berakhlak dan bermoral, maka dibutuhkan Pendidikan Agama Islam. Dari latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah: Bagaimana kondisi anak remaja terhadap didikan orang tua yang berstatus Aktivis Muhammadiyah di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal? Dan bagaimana peran aktivis Muhammadiyah dalam Pendidikan Agama Islam pada anak remaja mereka di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi anak remaja terhadap didikan orang tua yang berstatus Aktivis Muhammadiyah di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal dan mengetahui peran aktivis di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Talang II Kabupaten Tegal dalam pendidikan agama Islam pada anak remaja mereka. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan terjun langsung ke lapangan (field research). Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah-langkah. pertama, reduksi data; kedua, penyajian data; ketiga, penarikan kesimpulan. Hasilnya, Sudah terdapat peran yang signifikan bagi Aktivis Muhammadiyah dalam pendidikan Agama Islam bagi anak remaja mereka selaku anak kandung. Pada hasil pembahasan di peroleh data bahwa aktivis Muhammadiyah melaksanakan tugas kependidikan sudah sesuai dengan tugasnya sebagai orang tua. Metode yang dilakukan aktivis Muhammadiyah dalam Pendidikan Agama Islam antara lain: pertama, Metode keteladanan; kedua, Metode kedisiplinan; ketiga, Metode nasihat; keempat, Metode pengawasan.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPeran, Aktivis Muhammadiyah, Anak Remaja.en_US
dc.titlePERAN AKTIVIS MUHAMMADIYAH DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK REMAJA DI PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH TALANG II KABUPATEN TEGALen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record