PERBEDAAN ANTARA METODE TUTORIAL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN CASE BASED LEARNING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran yang
berpusat pada mahasiswa. Salah satu komponen dalam Problem Based Learning
adalah tutorial yang merupakan diskusi dalam kelompok kecil. Tutorial dalam
PBL menggunakan metode seven jumps dengan skenario yang ill-structured.
Metode lain yang mempunyai prinsip Student Centered Learning adalah Case
Based Learning (CBL). Berbeda halnya dengan PBL, tutorial dalam CBL
menggunakan metode multilevel scenario dengan skenario yang well-structure.
Kepuasan mahasiswa terhadap metode tutorial berhubungan dengan
motivasi mahasiswa yang berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran dan kepuasan
mahasiswa di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta untuk mengetahui metode pembelajaran yang terbaik
untuk diaplikasikan.
Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan rancangan
analitic design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi
Pendidikan Dokter tahun keempat yang telah menjalani tutorial metode PBL dan
CBL di FKIK UMY. Seluruh sampel berjumlah 73 orang mahasiswa.
Pengambilan sampel dengan menggunakan metode simple random sampling.
Pada perhitungan statistic uji komparasi Wilcoxon antara variabel bebas
berupa metode tutorial dan variabel terikat berupa kepuasan menunjukan bahwa
nilai (p=0,006), sehingga ditemukan ada perbedaan tingkat kepuasan terhadap
metode tutorial problem based learning dengan case based learning.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara
metode tutorial PBL dan CBL terhadap kepuasan mahasiswa dalam tutorial
tutorial dimana CBL memiliki kecenderungan kepuasan lebih baik dibandingkan
PBL.