STRATEGI KAMPANYE LBH APIK (ASOSIASI PEREMPUAN INDONESIA UNTUK KEADILAN) YOGYAKARTA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG BEBAS DARI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI YOGYAKARTA TAHUN 2012
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana Strategi Kampanye LBH APIK
(Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan) Yogyakarta dalam upaya
mewujudkan masyarakat yang bebas dari kekerasan rumah tangga di Yogyakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Kampanye
LBH APIK Yogyakarta dalam upaya mewujudkan masyarakat yang bebas dari
kekerasan rumah tangga di Yogyakarta serta untuk mengetahui apa saja faktor
pendukung dan penghambat strategi kampanye LBH APIK Yogyakarta. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus.
Adapun langkah-langkah analisis data yang dilakukan pada peneltian ini meliputi:
pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi,
kemudian dilanjutkan dengan mereduksi data, kemudian penyajian data dan analisis,
dan diakhiri dengan kesimpulan dan saran. Hasil penelitian ini memperlihatkan
bahwa kampanye yang dilakukan oleh LBH APIK Yogyakarta merupakan suatu
bentuk komunikasi sosial, dimana LBH APIK Yogyakarta sebagai komunikator atau
agen perubahan, berusaha untuk melakukan perubahan sosial terkait masalah
kekerasan rumah tangga di Yogyakarta. Dalam pelaksanaan kampanye ini, dalam
hasil penelitian melihat LBH APIK Yogyakarta belum begitu maksimal
memanfaatkan media cetak maupun elektronik untuk menyampaikan ide atau gagasan
kepada khalayak sasaran, cakupan wilayah pelaksanaan kampanye LBH APIK
Yogyakarta juga dirasa belum luas sehingga efek yang terjadi juga belum maksimal.
Hal ini dikarenakan informasi tidak diperoleh secara merata oleh khalayak sasaran.
Berdasarkan ini peneliti mengusulkan kepada LBH APIK untuk lebih
memaksimalkan pemanfaatan media cetak dan elektronik seperti pers release dan
siaran di radio, menambah tenaga kerja, serta melakukan riset dan perencanaan lebih
matang agar cakupan wilayah serta pesan yang ingin disampaikan menjadi jauh lebih
baik.