Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorMAULIDAH, FIERDA
dc.date.accessioned2018-03-26T06:06:51Z
dc.date.available2018-03-26T06:06:51Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18245
dc.descriptionSumber Internet Mulai menjamurnya perusahaan swasta yang bergerak di bidang otomotif mampu menimbulkan persaingan bisnis antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Pada perusahaan yang bergerak dibidang otomotif banyak tantangan yang harus dihadapi, diantaranya adalah bagaimana langkah-langkah strategi promosi yang tepat yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan harus mempunyai strategi promosi yang tepat supaya perusahaan dapat meginformasikan jasa kepada para konsumen, dapat mengetahui selera pasar yang diinginkan serta dibutuhkan oleh konsumennya, dapat terus meningkatkan jumlah pelanggan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Strategi Promosi Perusahaan Otomotif “Kupu-Kupu Malam” Melalui Even Kompetisi Modifikasi Mobil Dalam Meningkatan Jumlah Pelanggan Tahun 2014”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di bengkel mobil Kupu-Kupu Malam Jl. Kabupaten Km 3,5 No. 50 A Sleman Yogyakarta. Informan penelitian adalah Manager dan Marketing “Kupukupu Malam” sebanyak 1 orang, dan pelanggan “Kupu-kupu Malam” sebanyak 2 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi promosi yang dipilih oleh perusahaan diantaranya meliputi advertising, sales promotion, public relation and publicity (hubungan masyarakat dan publisitas), personal selling (penjualan secara pribadi), direct marketing (pemasaran langsung); (2) Faktor pendukung strategi promosi “Kupu-Kupu Malam” yaitu adanya respon yang positif dari masyarakat, adanya kerjasama dari berbagai jaringan mitra. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pihak pengelola belum mampu menyelenggarakan even diseluruh kota yang ada di Indonesia dan di luar negeri.en_US
dc.description.abstractSumber Internet Mulai menjamurnya perusahaan swasta yang bergerak di bidang otomotif mampu menimbulkan persaingan bisnis antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Pada perusahaan yang bergerak dibidang otomotif banyak tantangan yang harus dihadapi, diantaranya adalah bagaimana langkah-langkah strategi promosi yang tepat yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan harus mempunyai strategi promosi yang tepat supaya perusahaan dapat meginformasikan jasa kepada para konsumen, dapat mengetahui selera pasar yang diinginkan serta dibutuhkan oleh konsumennya, dapat terus meningkatkan jumlah pelanggan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Strategi Promosi Perusahaan Otomotif “Kupu-Kupu Malam” Melalui Even Kompetisi Modifikasi Mobil Dalam Meningkatan Jumlah Pelanggan Tahun 2014”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di bengkel mobil Kupu-Kupu Malam Jl. Kabupaten Km 3,5 No. 50 A Sleman Yogyakarta. Informan penelitian adalah Manager dan Marketing “Kupukupu Malam” sebanyak 1 orang, dan pelanggan “Kupu-kupu Malam” sebanyak 2 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi promosi yang dipilih oleh perusahaan diantaranya meliputi advertising, sales promotion, public relation and publicity (hubungan masyarakat dan publisitas), personal selling (penjualan secara pribadi), direct marketing (pemasaran langsung); (2) Faktor pendukung strategi promosi “Kupu-Kupu Malam” yaitu adanya respon yang positif dari masyarakat, adanya kerjasama dari berbagai jaringan mitra. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pihak pengelola belum mampu menyelenggarakan even diseluruh kota yang ada di Indonesia dan di luar negeri.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStrategi Promosi, Otomotif, Modifikasi Mobil, Jumlah Pelangganen_US
dc.titleSTRATEGI PROMOSI PERUSAHAAN OTOMOTIF “KUPU-KUPU MALAM” DALAM MENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN TAHUN 2014en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record