View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PEMBELAJARAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) TERHADAP PERSEPSI DAN SIKAP UNTUK BEKERJASAMA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (529.2Kb)
      BAB I (1.081Mb)
      BAB II (2.888Mb)
      BAB IV (2.454Mb)
      BAB III (850.1Kb)
      BAB V (113.7Kb)
      COVER (131.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (615.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.302Mb)
      LAMPIRAN (1.050Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (134.0Kb)
      Date
      2015-02-24
      Author
      UTAMI, LAKSMI PUTRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kurangnya pemahaman suatu profesi kesehatan terhadap kompetensi profesi kesehatan lainnya dalam pelayanan kesehatan di Rumah sakit terjadi karena adanya tumpang tindih peran antar profesi kesehatan. Hal ini menyebabkan dunia pendidikan kesehatan untuk dapat menerapkan pembelajaran kolaborasi sejak dini. Interprofessional Education (IPE) adalah pembelajaran kolaborasi antar profesi kesehatan dalam upaya diantara lain promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Persepsi dan sikap untuk bekerjasama merupakan bagian yang sangat penting dalam pelaksanaan IPE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPE terhadap persepsi dan sikap untuk bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap IPE mahasiswa FKIK UMY sebagian besar menunjukkan kategori baik yaitu 75,5% (71 mahasiswa dari 94 mahasiswa) dan sikap untuk bekerjasama Mahasiswa FKIK UMY sebagian besar menunjukkan kategori baik yaitu 70,2% (66 mahasiswa dari 94 mahasiswa). Dan dari hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai persepsi yang signifikan diantara mahasiswa FKIK UMY terhadap IPE (p>0,05) dan tidak terdapat perbedaan nilai sikap untuk bekerjasama yang signifikan diantara mahasiswa FKIK UMY (p >0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran Interprofessional Education (IPE) terhadap persepsi dan sikap untuk bekerjasama mahasiswa FKIK UMY.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18284
      Collections
      • Department of Pharmacy

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV