STRATEGI INTERNAL PUBLIC RELATIONS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN BUDAYA PERUSAHAAN DI TVRI YOGYAKARTA TAHUN 2014
Abstract
TVRI Yogyakarta merupakan stasiun televisi daerah pertama yang ada di
Indonesia. Dalam perjalanannya, untuk mencapai kesuksesan program kerja serta
tujuan dan harapan perusahaan. TVRI Yogyakarta menjalankan budaya
perusahaan sebagai suatu sistem yang diyakini dan dianut oleh perusahaan. Dalam
menjalankan budaya perusahaan, TVRI Yogyakarta menerapkan strategi
komunikasi dalam mengkomunikasikan budaya perusahaan, strategi tersebut ialah
strategi internal public relations. Strategi internal public relations dilakukan guna
mempermudah proses komunikasi budaya perusahaan TVRI Yogyakarta. Adapun
nilai atau value budaya perusahaan TVRI Yogyakarta ialah integritas, komitmen,
disiplin, kerjasama dan kepemimpinan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta mengetahui strategi
internal public relations dalam mengkomunikasikan budaya perusahaan di TVRI
Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan denganwawancara dan
dokumentasi. Lokasi penelitian mengambil tempat di Kantor TVRI stasiun D.I
Yogyakarta yang berlokasi di Jl.Magelang Km 4,5 Yogyakarta 55284. Informan
diambil sebanyak 5 orang yang terdiri dari pihak SDM, Humas dan perwakilan
karyawan TVRI Yogyakarta berdasarkan dengan karakteristik reponden yang
telah ditentukan yakni merupakan karyawan TVRI Yogyakarta, mengetahui
tentang TVRI Yogyakarta dan mengetahui tentang budaya perusahaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi internal public
relations dalam mengkomunikasikan budaya perusahaan TVRI Yogyakarta tahun
2014 sudah dilakukan dengan baik serta sudah sesuai dengan harapan perusahaan,
dapat dilihat berdasarkan langkah-langkah yang dilakukan pada proses
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh public relations atau
humas TVRI Yogyakarta.