HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN USIA TERHADAP SKOR PLAK PADA ANAK DI SD NEGERI TLOGO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Peran pengetahuan dari proses belajar untuk anak sangat diperlukan dalam proses menciptakan kebiasaan, salah satunya adalah memelihara kesehatan gigi dan mulut. Semakin besar usia anak maka peran pengetahuan akan semakin terlihat. Kelompok anak usia sekolah dasar termasuk kelompok rentan untuk terjadinya kasus kesehatan gigi dan mulut. Awal terjadinya penyakit karies gigi adalah pada anak usia sekolah. Plak di permukaan gigi dapat dipakai sebagai indikator kebersihan mulut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan tingkat pengetahuan dan usia terhadap skor plak pada anak di SD Tlogo Kasihan Bantul Yogyakarta.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan usia terhadap skor plak, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai p=0,00 (p<0,05). Terdapat hubungan yang bermakna dengan kekuatan hubungan pada tingkat sedang antara tingkat pengetahuan terhadap skor plak, ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation -0,469. Semakin tinggi tingkat pengetahuan anak mengenai kesehatan gigi dan mulut maka semakin rendah skor plak anak tersebut. Selain itu, terdapat juga hubungan yang bermakna dengan kekuatan hubungan pada tingkat sedang antara usia terhadap skor plak, ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation -0,449. Semakin tinggi usia anak maka skor plak semakin berkurang.Kesimpulan : Terdapat hubungan tingkat pengetahuan dan usia terhadap skor plak pada anak.