Show simple item record

dc.contributor.authorSEPTYANINGRUM
dc.date.accessioned2018-03-29T02:33:00Z
dc.date.available2018-03-29T02:33:00Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18342
dc.descriptionPendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia, dan untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas diperlukan manajemen yang rapi, yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mata pelajaran keagamaan di SD Muhammadiyah Piyaman yang mempunyai visi terbentuknya insan yang sholeh, taqwa, cerdas, dan berkarakter. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Piyaman, bagaimana implementasinya dan faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pada guru dan calon guru akan pentingnya manajemen kelas dalam rangka meeningkatkan efektifitas pembelajarn sehingga tercapai suatu tujuan yang ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SD Muhammadiyah Piyaman. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru PAI, guru Ismuba, Kepala Sekolah, Waka Ur Sarana dan Prasarana, Waka Ur Kesiswaan, Waka Ur Kurikulum, dan siswa-siswi SD Muhammadiyah Piyaman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI yang dilakukan guru PAI sudah efektif, akan tetapi belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung proses pembelajaran (2) Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari pertama, efektifitas pengorganisasian kelas dan potensi siswa oleh guru. Kedua, efektifitas belajar siswa yang telah dicapai melalui kegiatan pembelajaran, yaitu prestasi (nilai) belajar siswa dan perilaku siswa.en_US
dc.description.abstractPendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia, dan untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas diperlukan manajemen yang rapi, yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mata pelajaran keagamaan di SD Muhammadiyah Piyaman yang mempunyai visi terbentuknya insan yang sholeh, taqwa, cerdas, dan berkarakter. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Piyaman, bagaimana implementasinya dan faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pada guru dan calon guru akan pentingnya manajemen kelas dalam rangka meeningkatkan efektifitas pembelajarn sehingga tercapai suatu tujuan yang ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SD Muhammadiyah Piyaman. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru PAI, guru Ismuba, Kepala Sekolah, Waka Ur Sarana dan Prasarana, Waka Ur Kesiswaan, Waka Ur Kurikulum, dan siswa-siswi SD Muhammadiyah Piyaman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI yang dilakukan guru PAI sudah efektif, akan tetapi belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung proses pembelajaran (2) Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari pertama, efektifitas pengorganisasian kelas dan potensi siswa oleh guru. Kedua, efektifitas belajar siswa yang telah dicapai melalui kegiatan pembelajaran, yaitu prestasi (nilai) belajar siswa dan perilaku siswa.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectManajemen kelas, efektifitas pembelajaran PAIen_US
dc.titleMANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH PIYAMAN WONOSARI GUNUNGKIDULen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record