MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH PIYAMAN WONOSARI GUNUNGKIDUL
Abstract
Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia, dan untuk
menghasilkan pendidikan yang berkualitas diperlukan manajemen yang rapi,
yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh banyaknya mata pelajaran keagamaan di SD
Muhammadiyah Piyaman yang mempunyai visi terbentuknya insan yang sholeh,
taqwa, cerdas, dan berkarakter. Maka penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana implementasi Manajemen Kelas dalam
Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI. Adapun masalah yang dapat
dirumuskan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SD
Muhammadiyah Piyaman, bagaimana implementasinya dan faktor pendukung
dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pada
guru dan calon guru akan pentingnya manajemen kelas dalam rangka
meeningkatkan efektifitas pembelajarn sehingga tercapai suatu tujuan yang
ditentukan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di
SD Muhammadiyah Piyaman. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah
guru PAI, guru Ismuba, Kepala Sekolah, Waka Ur Sarana dan Prasarana, Waka Ur
Kesiswaan, Waka Ur Kurikulum, dan siswa-siswi SD Muhammadiyah Piyaman.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen kelas dalam
meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI yang dilakukan guru PAI sudah
efektif, akan tetapi belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya
sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung proses pembelajaran (2)
Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari
pertama, efektifitas pengorganisasian kelas dan potensi siswa oleh guru. Kedua,
efektifitas belajar siswa yang telah dicapai melalui kegiatan pembelajaran, yaitu
prestasi (nilai) belajar siswa dan perilaku siswa.