View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH PIYAMAN WONOSARI GUNUNGKIDUL

      Thumbnail
      View/Open
      BAB I (113.2Kb)
      BAB II (146.0Kb)
      BAB III (74.64Kb)
      BAB IV (280.2Kb)
      BAB V (116.1Kb)
      COVER (130.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (222.7Kb)
      LAMPIRAN (439.5Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (173.1Kb)
      Date
      2015
      Author
      SEPTYANINGRUM
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia, dan untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas diperlukan manajemen yang rapi, yang dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mata pelajaran keagamaan di SD Muhammadiyah Piyaman yang mempunyai visi terbentuknya insan yang sholeh, taqwa, cerdas, dan berkarakter. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Piyaman, bagaimana implementasinya dan faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pada guru dan calon guru akan pentingnya manajemen kelas dalam rangka meeningkatkan efektifitas pembelajarn sehingga tercapai suatu tujuan yang ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SD Muhammadiyah Piyaman. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru PAI, guru Ismuba, Kepala Sekolah, Waka Ur Sarana dan Prasarana, Waka Ur Kesiswaan, Waka Ur Kurikulum, dan siswa-siswi SD Muhammadiyah Piyaman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI yang dilakukan guru PAI sudah efektif, akan tetapi belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung proses pembelajaran (2) Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari pertama, efektifitas pengorganisasian kelas dan potensi siswa oleh guru. Kedua, efektifitas belajar siswa yang telah dicapai melalui kegiatan pembelajaran, yaitu prestasi (nilai) belajar siswa dan perilaku siswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18342
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV