EVALUASI KINERJA BAGIAN HUMAS DAN INFORMASI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014 (STUDI KASUS BAGIAN HUMAS DAN INFORMASI PEMERINTAH KOTA YGYAKARTA TAHUN 2013-2014
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi kinerja pelaksanaan program dari Bagian Humas dan
Informasi Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2013-2014. Tujuan dari penelitian ini
adalah; 1) mengetahui pelaksanaan program-program yang dilakukan oleh Humas
Pemerintah Kota Yogyakarta. 2) mengevaluasi kinerja Humas pemerintah Kota
Yogyakarta apakah sudah sesuai dengan indikator kompetensi Humas pemerintah. 3)
mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kinerja Humas Pemerintah Kota
Yogyakarta. Kerangka teori yang digunakan yaitu tentang peran dan tugas dari Humas
pemerintah, good governance, Pengelolaan program Humas Pemerintah Kota Yogyakarta
(Planning-Executing-evaluation).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus dan jenis penelitian evaluatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di kantor
Bagian Humas dan Informasi Pemerintah Kota Yogyakarta. Sumber data penelitian ini
berasal dari hasil wawancara dengan informan, studi pustaka, dokumen dan foto
dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan
hasil pengamatan dengan wawancara informan, data dan dokumen yang berkaitan dengan
penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Pemerintah Kota Yogyakarta
memiliki peran sebagai fasilitator dan pelaksana teknis program komunikasi. Pada level
ini Humas diberikan tanggung jawab penuh untuk melakukan perencanaan hingga
pelaksanaan program-program kegiatan. Pada tahap perencanaan Humas Pemerintah Kota
Yogyakarta masih belum menentukan siapa saja sasarannya secara spesifik pada setiap
program kegiatannya. Padahal sasaran spesifik ini dapat mempermudah Humas dalam
melaksanakan program kegiatan dan mengukur capaian kinerjanya. Humas Pemerintah
Kota Yogyakarta pada saat proses persiapan dan pelaksanaan program kegiatan juga tidak
melakukan monitoring secara rutin. Evaluasi yang dilakukan oleh Humas juga masih
belum optimal, hal ini karena Humas hanya membuat dan menggunakan laporan kegiatan
serta hasil survei sebagai bahan evaluasinya.