Show simple item record

dc.contributor.authorSETIAWAN, RIKI
dc.date.accessioned2018-04-18T03:11:59Z
dc.date.available2018-04-18T03:11:59Z
dc.date.issued2014-01-03
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18538
dc.descriptionRumah sakit merupakan salah satu mata rantai penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Rumah sakit menurut fungsinya adalah sebagai tempat penyelenggaraan pelayanan medis, penunjang medis, administrasi dan manajemen, dan juga dapat digunakan sebagai tempat pendidikan/pelatihan dan pengembangan. Kualitas pelayanan kesehatan adalah yang menunjukan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, dan dapat menimbulkan kepuasan pada pasien. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Subyek penelitian ini adalah pasien pengunjung rumah sakit (RSGMP UMY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul) yang mendapatkan pelayanan kesehatan. Instrument penelitian menggunakan PSQ (Patient Satisfaction Quesioner) yang telah dimodifikasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,329, dimana p >0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna pada tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini menujukkan bahwa tidak terdapat yang perbedaan berkmana pada tingkat kepuasan pasien di RSGMP UMY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul.en_US
dc.description.abstractRumah sakit merupakan salah satu mata rantai penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Rumah sakit menurut fungsinya adalah sebagai tempat penyelenggaraan pelayanan medis, penunjang medis, administrasi dan manajemen, dan juga dapat digunakan sebagai tempat pendidikan/pelatihan dan pengembangan. Kualitas pelayanan kesehatan adalah yang menunjukan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, dan dapat menimbulkan kepuasan pada pasien. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Subyek penelitian ini adalah pasien pengunjung rumah sakit (RSGMP UMY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul) yang mendapatkan pelayanan kesehatan. Instrument penelitian menggunakan PSQ (Patient Satisfaction Quesioner) yang telah dimodifikasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,329, dimana p >0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna pada tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini menujukkan bahwa tidak terdapat yang perbedaan berkmana pada tingkat kepuasan pasien di RSGMP UMY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectRumah Sakit, Kepuasan Pasienen_US
dc.titlePERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN DAN RUMAH SAKIT NON PENDIDIKAN (KAJIAN DI RSGMP UMY DAN RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record