dc.contributor.author | SETIAWAN, RIKI | |
dc.date.accessioned | 2018-04-18T03:11:59Z | |
dc.date.available | 2018-04-18T03:11:59Z | |
dc.date.issued | 2014-01-03 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18538 | |
dc.description | Rumah sakit merupakan salah satu mata rantai penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Rumah sakit menurut fungsinya
adalah sebagai tempat penyelenggaraan pelayanan medis, penunjang medis, administrasi dan manajemen, dan juga dapat digunakan sebagai
tempat pendidikan/pelatihan dan pengembangan. Kualitas pelayanan kesehatan adalah yang menunjukan pada tingkat kesempurnaan
pelayanan kesehatan, dan dapat menimbulkan kepuasan pada pasien.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Subyek
penelitian ini adalah pasien pengunjung rumah sakit (RSGMP UMY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul) yang mendapatkan pelayanan
kesehatan. Instrument penelitian menggunakan PSQ (Patient Satisfaction Quesioner) yang telah dimodifikasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,329,
dimana p >0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna pada tingkat kepuasan pasien.
Penelitian ini menujukkan bahwa tidak terdapat yang perbedaan berkmana pada tingkat kepuasan pasien di RSGMP UMY dan
RS PKU Muhammadiyah Bantul. | en_US |
dc.description.abstract | Rumah sakit merupakan salah satu mata rantai penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Rumah sakit menurut fungsinya
adalah sebagai tempat penyelenggaraan pelayanan medis, penunjang medis, administrasi dan manajemen, dan juga dapat digunakan sebagai
tempat pendidikan/pelatihan dan pengembangan. Kualitas pelayanan kesehatan adalah yang menunjukan pada tingkat kesempurnaan
pelayanan kesehatan, dan dapat menimbulkan kepuasan pada pasien.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Subyek
penelitian ini adalah pasien pengunjung rumah sakit (RSGMP UMY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul) yang mendapatkan pelayanan
kesehatan. Instrument penelitian menggunakan PSQ (Patient Satisfaction Quesioner) yang telah dimodifikasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,329,
dimana p >0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna pada tingkat kepuasan pasien.
Penelitian ini menujukkan bahwa tidak terdapat yang perbedaan berkmana pada tingkat kepuasan pasien di RSGMP UMY dan
RS PKU Muhammadiyah Bantul. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Rumah Sakit, Kepuasan Pasien | en_US |
dc.title | PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN DAN RUMAH SAKIT NON PENDIDIKAN (KAJIAN DI RSGMP UMY DAN RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |