dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | AZHARI, FARAH NADA | |
dc.date.accessioned | 2018-05-11T03:51:07Z | |
dc.date.available | 2018-05-11T03:51:07Z | |
dc.date.issued | 2018-12-08 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18724 | |
dc.description | Latar Belakang: Indonesia memiliki angka kematian bayi sebesar 35 per 1.000
kelahiran hidup dan angka kematian balita sebesar46 per 1.000 kelahiran hidup.
Sekitar separuh kematian bayi dan anak kemungkinan berkaitan dengan
kekurangan gizi yang sering diawali dengan rendahnya berat badan bayi ketika
dilahirkan. Kekurangan gizi pada balita ini meliputi kurang energi dan protein
serta kekurangan zat gizi seperti vitamin A, zat besi, iodium dan zinc.Angka
kematian balita di Indonesia juga tertinggi di Association of South East Asian
Nation.Hal ini menunjukkan bahwa gangguan pertumbuhan yang berkaitan
dengan status gizi balita masih dianggap serius.Salah satu kendala yang dihadapi
dalam pengelolaan gizi yang baik pada anak adalah kurangnya pengetahuan ibu
tentang gizi.Rendahnya pengetahuan dan pendidikan dasar ibu merupakan faktor
mendasar terpenting karena sangat mempengaruhi tingkat kemampuan atau
intelektual yang dimiliki seseorang.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu
dengan status gizi anak.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik yang
menggunakan desain penelitian cross-sectional atau potong lintang. Sampel
penelitian ini berjumlah 50 orang anak usia 1-5 tahun beserta ibunya di TK, KB
dan SPS desa Tamantirto kecamatan Kasihan Bantul, Yogyakarta. Analisis data
menggunakan spearman correlation test dan uji korelasi ganda sebagai uji
analisis.
Hasil: Sebagian besar responden mempunyai tingkat pendidikan tinggi (80%),
tingkat pengetahuan baik (66%) dan status gizi normal (70%). Pada hasil analisis
dengan uji spearman correlation test didapatkan korelasi tingkat pendidikan ibu
sebesar 0.334 (hubungan lemah, korelasi positif) dan tingkat pengetahuan ibu
sebesar 0.342 (hubungan lemah, korelasi positif). | en_US |
dc.description.abstract | Background: Indonesia has an infant mortality rate of 35 per 1,000 live births
and under-five mortality rate of 46 per 1,000 live births. About half of infant and
child deaths may be associated with malnutrition that often begins with a low
birth weight. Malnutrition in children includes the protein energy malnutrition
and the lack of nutrients such as vitamin A, iron, iodine and zinc. The mortality
rate in children aged 1-5 years in Indonesia is also highest in the Association of
South East Asian Nations. This suggests that growth disorders related to children
nutritional status are still considered serious. One of the obstacles faced in
managing good nutritional status in children is the lack of maternal knowledge
about nutrition. The lack of maternal nutritional knowledge and basic education
are the most important fundamental factor because it greatly affects the level of
ability or intellectual property of a person.
Aim: To determine the correlation between maternal education level and
nutritional knowledge with nutritional status in children aged 1-5 years.
Methods: This study was conducted using analytic observational study with
cross-sectional design. It involved 50 children aged 1-5 years including their
mothers in pre-schools in Tamantirto village, Kasihan Bantul districts,
Yogyakarta. Data analysis was done using Spearman correlation test and
multiple correlation test.
Results: Most study participants had high education level (80%), good nutritional
knowledge (66%) and normal nutritional status (70%). In the analysis result
using Spearman correlation test showed that the maternal education level’s
coefficient correlation was 0,334 (weak and positive correlation) and maternal
nutritional knowledge level’s coefficient correlation was 0,342 (weak and positive
correlation). | en_US |
dc.publisher | FKIK UMY | en_US |
dc.subject | Tingkat pendidikan ibu, tingkat pengetahuan ibu, status gizi anak. Keywords:Maternal education level, maternal nutritional knowledge, children nutritional status | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA 1-5 TAHUN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
482 | en_US |