Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorPRATAMA, MUHAMMAD RAVESTA ASSTI
dc.date.accessioned2018-05-21T02:06:03Z
dc.date.available2018-05-21T02:06:03Z
dc.date.issued2018-05-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18905
dc.descriptionDalam dunia sepakbola yang semakin kompetitif ini, tantangan yang dihadapi oleh klub-klub yang berkompetisi di Liga Indonesia sangatlah berat. Untuk bisa bersaing tentu dibutuhkan finansial yang kuat seperti mendatangkan sponsor. Dengan adanya sponsor maka keuangan klub akan terbantu dalam mengarungi kompetisi. Apalagi setelah dilarangnya penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk membiayai sepakbola tentu hal ini membuat klub harus memutar otak untuk mencari sponsor guna bertahan di kancah sepakbola Indonesia. Melalui penelitian ini, peneliti menganalisa strategi marketing sponsorship PSIM Yogyakarta di Liga 2 Indonesia 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang dipakai adalah studi kasus dan pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara dan dokumen. Pada musim Liga 2 Indonesia 2017, manajemen PSIM Yogyakarta berhasil mendatangkan 6 sponsor yakni Universitas Ahmad Dahlan, Corsa, Gojek, Bank Jogja, Gudegnet dan MTRM Merch. Dalam menjalankan strategi selama ini manajemen PSIM Yogyakarta melakukan penawaran kerjasama dan melalui pengajuan proposal ke beberapa perusahaan nasional. Proses kerjasama sponsorship di PSIM Yogyakarta sudah berjalan dengan baik. Masuknya sponsor di Liga 2 Indonesia 2017 dirasa cukup membantu keuangan PSIM Yogyakarta selama 1 musim. Pada Liga 2 Indonesia 2017 PSIM Yogyakarta menghabiskan dana sebesar Rp.3.150.000.000,- dana tersebut banyak dihabiskan untuk gaji pemain serta biaya pertandingan luar kota. Dengan kehadiran 6 sponsor di PSIM Yogyakarta untuk Liga 2 Indonesia 2017 membuktikan bahwa PSIM Yogyakarta merupakan klub profesional yang tidak dibiayai pemerintah.en_US
dc.description.abstractIn this increasingly competitive world of football, the challenges faced by clubs competing in the Indonesian league is not easy. The club which want to be able to compete would require a strong financial such as bringing in sponsors. With the sponsorship of the club's finances will be helpful in navigating the competition. Especially after the prohibition of the use of Regional Revenue and Expenditure Budget (APBD) to finance football of course this makes the club have to know how to find a sponsor to survive in Indonesia football arena. Through this research, researchers analyze marketing strategy sponsorship PSIM Yogyakarta in League 2 Indonesia 2017. Type of research used in this research is descriptive qualitative. The research method is case study and data collection by interviews and documents. In the 2nd league season Indonesia 2017, PSIM Yogyakarta management managed to bring in 6 sponsors namely Ahmad Dahlan University, Corsa, Gojek, Bank Jogja, Gudegnet and MTRM Merch. In running the strategy so far management PSIM Yogyakarta to offer cooperation and through submission of proposals to several national companies. Sponsorship cooperation process in PSIM Yogyakarta has been going well. The entry of sponsorship in League 2 Indonesia 2017 is quite helpful financial PSIM Yogyakarta for 1 season. In Liga 2 Indonesia 2017 PSIM Yogyakarta spent Rp.3.150.000.000, - the funds are much spent on the salaries of players and the cost of out-of-town matches. With the presence of 6 sponsors in PSIM Yogyakarta for League 2 Indonesia 2017 proves that PSIM Yogyakarta is a professional club that is not financed by the government.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectStrategy, Marketing, Sponsorship. Strategi, Marketing, Sponsorshipen_US
dc.titleSTRATEGI MARKETING SPONSORSHIP PSIM YOGYAKARTA DI LIGA 2 INDONESIA 2017en_US
dc.title.alternative(STUDI KASUS STRATEGI MARKETING PSIM YOGYAKARTA DALAM MENGGAET SPONSOR DALAM KOMPETISI LIGA INDONESIA 2017)en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 265en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record