dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | DAMAYANTI, HERNITA SYIFA | |
dc.date.accessioned | 2018-05-30T07:11:01Z | |
dc.date.available | 2018-05-30T07:11:01Z | |
dc.date.issued | 2018-04-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19228 | |
dc.description | Persaingan dalam industri rumah sakit di Sleman kini semakin ketat
sehingga perusahaan dituntut untuk mempunyai strategi dan meningkatkan
kualitas pelayanan kepada pelanggan. Peneliti berusaha untuk menganalisis
pelaksanaan strategi customer relations yang ada di Rumah Sakit Sakina Idaman
Sleman juga bagaimana proses perubahan rumah sakit ibu dan anak menjadi
rumah sakit umum dengan adanya customer relations. Dalam penelitian skripsi
ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang
merupakan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan
objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Metode pengumpulan data
yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan
hasil penelitian dapat dilihat bahwa pelaksanaan kegiatan customer relations
sudah berjalan dengan baik, hanya saja menurut peneliti masih belum maksimal
sehingga hasil yang diperoleh juga belum maksimal. Strategi customer relations
Rumah Sakit Sakina Idaman Sleman dalam proses perubahan rumah sakit ibu dan
anak menjadi rumah sakit umum adalah membangun jaringan melalui media
sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook; peningkatan mutu pelayanan
dengan melakukan pelayanan prima (service of excellent) yaitu menyambut
pelanggan dengan ramah, melayani kebutuhan dengan sigap, menjalin hubungan
yang baik dengan pelanggan, memperhatikan penampilan, menampung keluhan
pelanggan dengan menanganinya langsung; dan menjaga kepercayaan pelanggan;
serta menanggapi keluhan kritik dan saran yang diberikan pelanggan (complaint
handling). | en_US |
dc.description.abstract | Competitions in hospital industry in Sleman now has become fiercer than
ever before forcing companies to have strategy and raising quality of service to
the customer. Researcher trying to analyze the implementation of customer
relations strategy that exist in Sakina Idaman Hospital Sleman and the process of
changing model of service from status of a mother and child hospital into public
hospital with the existence of customer relations.
The research methods used in this study is a descriptive with qualitative
closure that a problem solving procedure and investigate by describing the facts of
research’s object condition. The methods of collecting data done through the
interview, observation, and documentation.
Based on the research result, customer relation activity has going well.
however, according to the researcher it hasn’t fully implemented, hence why the
result did not achieved full potential. Customer relations strategy that
implemented by Sakina Idaman Hospital in the process of changing model from
status of a mother and child hospital into public hospital is building social media
network using Instagram, Twitter, and Facebook; increasing the quality of service
using service of excellent method which greeting customer with hospitality,
quickly fulfilling customer needs and maintaining good relations; and trust with
customers, responding to critics and feedbacks also attention to detail (complaint
handling). | en_US |
dc.publisher | FISIP UMY | en_US |
dc.subject | Strategy, Customer Relations, Hospital Alteration Process. Strategi, Customer Relations, Proses Perubahan Rumah Sakit | en_US |
dc.title | STRATEGI CUSTOMER RELATIONS RUMAH SAKIT SAKINA IDAMAN SLEMAN DALAM PROSES PERUBAHAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK MENJADI RUMAH SAKIT UMUM | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
153 | en_US |