dc.contributor.author | ITSNAINI, MUKARRAMAH | |
dc.date.accessioned | 2018-07-05T03:09:56Z | |
dc.date.available | 2018-07-05T03:09:56Z | |
dc.date.issued | 2018-05-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19929 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi tingkat kecerdasan emosional
mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam pada konsentrasi konseling
angkatan 2016, mengetahui hasil prestasi belajar mahasisawa jurusan Komunikasi
dan Penyiaran Islam pada konsentrasi konseling angkatan 2016 yang telah didapat
berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) serta mengetahui signifikan
hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil prestasi belajar pada
mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiran Islam (KPI) Konsentrasi Konseling
angkatan 2016 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif, dalam penelitian ini menggunakan model Uji Korelasi Product
Moment berupa korelasi bivaariate yang menggunakan Skala Likert pada
kuisinioner. Kecerdasan emosional berkaitan dengan kemampuan mengeanalis
emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, empati dan membina hubungan yang
berpengaruh terhadap proses pembelajaran mahasiswa.
Hasil penelitian ini menghasilkan hasil bahwa kecerdasan emosional yang
rendah akan didapatkan hasil prestasi belajar yang dicapai tidak baik begitu pula
sebaliknya, jika kecerdasan emosional yang tinggi akan didapatkan hasil prestasi
belajar yang dicapai baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif yang memiliki subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Komunikasi
dan Penyiran Islam (KPI) Konsentrasi Konseling angkatan 2016 tahun ajaran
2017/2018 dengan jumlah 69 mahasiswa dan diberikan atau didistribusikan
angket/kuisioner yang mengenai tes kecerdasan emosional yang mengacu pada
Goelaman. Mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan emosional dilihat dari
hasil data angket atau kuisioner yang meliputi indikator kecerdasan emosional,
sedangkan mengetahui seberapa besar pengukuran hasil prestasi belajar
mahasiswa dilihat dari perolehan Indeks Prestasi Komulatif (IPK). Dengan
demikian dari keduanya di korelasikan yaitu dengan uji korelasi Product Moment
yang mengahsilkan nilai p atau nilai signifikansi sebesar 0.029, dari hasil
perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai p < 0.05 yang berarti bahwa nilai
signifikansi lebih rendah dari 0.05 dengan maksud terdapat hubungan antara
kecerdasan emosional dengan hasil prestasi belajar mahasiswa jurusan
Komunikasi dan Penyiaran Islam pada konsentrasi konseling angkatan 2016. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to identify the emotional intelligence level of students in Islamic
Communication and Broadcasting study program with major counseling of cohort
2016, identify student’s academic achievement, and testing the correlation
between its emotional intelligence and academic achievement. Data of students
emotional intelligence level obtained using a Likert model questionnaire/scale
constructed based on Goleman’s theory. Based on the theory, there are five
constructs of emotional intelligence, i.e. self-awareness, self-regulation, social
skill, empathy, and motivation. Student’s academic achievement is based on their
GPA (Grade Point Average) in the first semester of academic year 2017/2018.
The correlation tested by Product Moment Correlation Test. The research method
in this study is the quantitative research method. Subjects of this study are
students of Islamic Communication and Broadcasting with major counseling in
cohort 2016 at academic year 2017/2018 (n=69). Statistical analysis shows that
level of significance of the correlation between emotional intelligence level of
students in Islamic Communication and Broadcasting study program with major
counseling of cohort 2016 and their academic achievement is p=0,029. The level
of significance lower than 0,05 show that there is a significant correlation between
two variables. The positive value of coefficient correlation shows that the
correlation between two variables is a positive correlation. The result of the study
shows that there is a significant correlation between emotional intelligence level
ofstudents in Islamic Communication and Broadcasting study program with major
counseling of cohort 2016 and their academic achievement at academic year
2017/2018. The higher the level of emotional intelligence, the higher the
academic achievement and conversely. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Emotional intelligence, academic achievement, student. Kecerdasan emosional, hasil prestasi belajar, mahasiswa. | en_US |
dc.title | HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
218 | en_US |