Show simple item record

dc.contributor.authorITSNAINI, MUKARRAMAH
dc.date.accessioned2018-07-05T03:09:56Z
dc.date.available2018-07-05T03:09:56Z
dc.date.issued2018-05-14
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19929
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mendeteksi tingkat kecerdasan emosional mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam pada konsentrasi konseling angkatan 2016, mengetahui hasil prestasi belajar mahasisawa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam pada konsentrasi konseling angkatan 2016 yang telah didapat berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) serta mengetahui signifikan hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil prestasi belajar pada mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiran Islam (KPI) Konsentrasi Konseling angkatan 2016 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini menggunakan model Uji Korelasi Product Moment berupa korelasi bivaariate yang menggunakan Skala Likert pada kuisinioner. Kecerdasan emosional berkaitan dengan kemampuan mengeanalis emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, empati dan membina hubungan yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran mahasiswa. Hasil penelitian ini menghasilkan hasil bahwa kecerdasan emosional yang rendah akan didapatkan hasil prestasi belajar yang dicapai tidak baik begitu pula sebaliknya, jika kecerdasan emosional yang tinggi akan didapatkan hasil prestasi belajar yang dicapai baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang memiliki subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiran Islam (KPI) Konsentrasi Konseling angkatan 2016 tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 69 mahasiswa dan diberikan atau didistribusikan angket/kuisioner yang mengenai tes kecerdasan emosional yang mengacu pada Goelaman. Mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan emosional dilihat dari hasil data angket atau kuisioner yang meliputi indikator kecerdasan emosional, sedangkan mengetahui seberapa besar pengukuran hasil prestasi belajar mahasiswa dilihat dari perolehan Indeks Prestasi Komulatif (IPK). Dengan demikian dari keduanya di korelasikan yaitu dengan uji korelasi Product Moment yang mengahsilkan nilai p atau nilai signifikansi sebesar 0.029, dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai p < 0.05 yang berarti bahwa nilai signifikansi lebih rendah dari 0.05 dengan maksud terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil prestasi belajar mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam pada konsentrasi konseling angkatan 2016.en_US
dc.description.abstractThis study aims to identify the emotional intelligence level of students in Islamic Communication and Broadcasting study program with major counseling of cohort 2016, identify student’s academic achievement, and testing the correlation between its emotional intelligence and academic achievement. Data of students emotional intelligence level obtained using a Likert model questionnaire/scale constructed based on Goleman’s theory. Based on the theory, there are five constructs of emotional intelligence, i.e. self-awareness, self-regulation, social skill, empathy, and motivation. Student’s academic achievement is based on their GPA (Grade Point Average) in the first semester of academic year 2017/2018. The correlation tested by Product Moment Correlation Test. The research method in this study is the quantitative research method. Subjects of this study are students of Islamic Communication and Broadcasting with major counseling in cohort 2016 at academic year 2017/2018 (n=69). Statistical analysis shows that level of significance of the correlation between emotional intelligence level of students in Islamic Communication and Broadcasting study program with major counseling of cohort 2016 and their academic achievement is p=0,029. The level of significance lower than 0,05 show that there is a significant correlation between two variables. The positive value of coefficient correlation shows that the correlation between two variables is a positive correlation. The result of the study shows that there is a significant correlation between emotional intelligence level ofstudents in Islamic Communication and Broadcasting study program with major counseling of cohort 2016 and their academic achievement at academic year 2017/2018. The higher the level of emotional intelligence, the higher the academic achievement and conversely.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectEmotional intelligence, academic achievement, student. Kecerdasan emosional, hasil prestasi belajar, mahasiswa.en_US
dc.titleHUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 218en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record