ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2017
Abstract
Dalam pelaksanaan pelayanan publik, baik atau tidak kualitas pelayanan
dapat dilihat dari seberapa besar kepuasan masyarakat dalam mewujudkan apa
yang diinginkan dan menjadi harapan masyarakat. Penyelenggaraan pelayanan
publik, khususnya pada pelayanan publik di kantor kecamatan masih sering
terjadi permasalahan terkait pelayanan yang lambat,dan kenyamanan yang
diperoleh masyarakat dalam menerima pelayanan . Untuk itu perlu adanya analisis
tentang kepuasan masyarakat pada kualitas pelayanan publik di kantor
kecamatan seyegan tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu
data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian dianalisis sesuai dengan
metode statistik yang digunakan kemudian diinterprestasikan.Teknik
pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan kuesioner tetapi sebelum
menentukan latar belakang terlebih dahulu sudah dilakukan penilitian yang berupa
penelitian pendahuluan.Uji validitasnya menggunakan rumus product moment
pearson dan uji reabilitas memakai crobanch’s alpha.
Hasil penelitian dan kesimpulan adalah mayoritas masyarakat pada
Kecamatan Seyegan merasa cukup puas terhadap kualitas pelayanan
publik,dengan jumlah masyarakat pada kategori tersebut sebanyak 48 orang atau
50% dari total responden.Sedangkan 38 orang atau 39,6% masyarakat Kecamatan
Seyegan Kabupaten Sleman tidak puas terhadap kualitas pelayanan publik dan 10
orang atau 10,4% masyarakat Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman merasa
puas saja terhadap kualitas pelayanan publik,dan dari beberapa atribut yaitu
kualitas keandalan,jaminan,serta empati dan bukti fisik atau wujud ,membutuhkan
perbaikan dan tindakan lebih lanjut,agar lebih baik sesuai apa yang diharapkan
masyarakat ,sedangkan atribut yang perlu dipertahankan hanya satu atribut yaitu
daya tanggap. Berdasarkan penelitian adalah mayoritas masyarakat pada
Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman mengharapkan kualitas pelayanan publik
yang baik,dengan jumlah 90 orang atau 93,8% dari total responden.Diluar jumlah
itu terdapat 6 orang atau 6,2% masyarakat Kecamatan Seyegan mengharapkan
kualitas pelayanan yang baik.
Saran atau rekomendasi adalah perlunya perhatian lebih pada atribut
kehandalan dan jaminan, oleh karena itu prioritas yang perlu ditingkatkan adalah
kedua atribut tersebut dengan memberikan pelayanan yang lebih baik
,meningkatkan kerahasiaan data masyarakat ,serta meningkatkan keamanan dalam
pemberian pelayanan administrasi,dan akan lebih baik jika aparat lebih perhatian
terhadap suatu hal yang penting menurut masyarakat dengan dilakukan evaluasi
dan koreksi untuk perbaikan secara berkesinambungan atau terus menerus,dan
semoga hasil penelitian ini dapat menjadikan periksa dan koreksi untuk pegawai
atau aparat kantor Kecamatan Seyegan untuk menentukan strategi strategi yang
xvi
lebih berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan publik dari beberapa
atribut tersebut serta semoga bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian
dengan topik ini diharapkan dapat melakukan pengembangan terhadap penelitian
ini,dengan cara menambahkan sampel penelitian hal tersebut dilakukan agar
memperoleh hasil yang lebih baik