dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana teori belajar dalam al-Qur’an surat az-Zalzalah; (2) mengidentifikasi konsep reward dan punishment dalam al-Qur’an surat az-Zalzalah; dan (3) mengetahui sejauh mana relevansi konsep teori belajar dalam al-Qur’an surat az-Zalzalah dengan praktik pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka. Data yang digunakan sebagai sumber primer adalah Kitab Tafsir at-Taḥrīr wa at-Tanwīr karya Ibnu ‘Asyur dan Buku Psikologi Belajar karya Rohmaliana Wahab. Adapun data sekunder berupa buku-buku atau jurnal yang berhubungan dengan penafsiran at-Taḥrīr wa at-Tanwīr dan teori belajar. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisis data dengan metode konten analisis melalui tiga tahapan: (1) reduksi data, yakni tahapan pemusatan, perhatian, pemilihan, dan pentransformasian data; (2) penyajian data, dengan mengumpulkan data-data yang terkait; dan (3) kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini sampai pada kesimpulan yang menunjukkan bahwa: (1) teori belajar dalam al-Qur’an, salah satunya ada dalam al-Qur’an surat az-Zalzalah ayat 7-8; (2) konsep targib (motivasi) dan tarhib (peringatan) yang terdapat dalam al-Qur’an surat az-Zalzalah ayat 7-8 dapat dikatakan memiliki kesamaan dengan konsep reward dan punishment; dan (3) teori belajar yang ada di dalam al-Qur’an surat az-Zalzalah ayat 7-8 relevan dengan pendidikan saat ini, yakni teori belajar behavioristik. | en_US |