Browsing Department of Civil Engineering by Author "SENTOT HARDWIYONO"
Now showing items 1-15 of 15
-
EVALUASI KERUSAKAN DAN PERENCANAAN PENGEMBALIAN KONDISI PERKERASAN JALAN LENTUR (Studi Kasus ruang Jalan Taman Siswa, Yogyakarta)
WANDRIANI, ZULVA (FT UMY, 2003-08-20)Jalan mempunyai peranan yang sangat penting dalam melakukan suatu kegiatan yang menghubungkan antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. untuk itu jalan harus terawat dengan baik agar dapat menjalankan perananya ... -
EVALUASI TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA (Pd. T-05-2005-B) DAN ASPHALT INSTITUTE (MANUAL SERIES 17) (Studi Kasus Ruas Jalan Yogyakarta - Batas Kota Bantul)
HARIS, ILHAM (FT UMY, 2013-01-02)Peningkatan pelayanan jalan raya dapat mengubah kelas suatu jalan menjadi lebih baik dan juga dapat meningkatkan volume lalu lintas jalan tersebut. Adapun cara untuk meningkatkan pelayanan jalan raya salah satunya adalah ... -
INDEKS DURABILITAS ASPHALT CONCRETE BASE (AC-BASE) BERDASARKAN SPESIFIKASI BINA MARGA 2010-REV
RUSYDIA, LUTHFI HIZBA (FT UMY, 2014-09-06)Salah satu komponen jalan raya adalah lapis perkerasan jalan. Lapis perkerasan ini harus mempunyai kekuatan yang memadai. Mengingat begitu pentingnya fungsi dari lapisan fondasi maka perlu adanya kajian mengenai karakteristik ... -
INDEKS DURABILITAS MARSHALL ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) BERDASARKAN SPESIFIKASI BINA MARGA 2010-REV 2
RAHAYU, TRI (FE UMY, 2014-08-22)Di Indonesia, campuran aspal panas untuk konstruksi perkerasan jalan sebagian besar menggunakan jenis perkerasanlentur (flexible pavement). Salah satu campuran aspal panas yang digunakan adalah campuran Asphalt Concret-Wearing ... -
INDEKS DURABILITAS UJI MARSHALL ASPHALT HOT ROLLED SHEET WEARING - COURSE (HRS-WC) BERDASARKAN SPESIFIKASI BINA MARGA 2010-REV 2
IMRO'ATUL M, NURAINI (FT UMY, 2014-08-22)Di Indonesia, konstruksi perkerasan jalan sebagian besar menggunakan jenis perkerasan lentur (flexible pavement). Salah satu jenis lapis yang umum dipakai di Indonesia adalah Hot Rolled Sheet - Wearing Course (HRS-wc) atau ... -
KARAKTERISTIK KUAT TARIK BELAH CAMPURAN PASIR DAN SEMEN PORTLAND KOMPOSIT
NOVALI, ADITYA (FT UMY, 2013-01-04)Tanah berbutir kasar termasuk pasir merupakan jenis tanah non kehosif atau lepas antar butirannya. Prinsip dasar dari stabilisasi tanah pasir adalah untuk memperbaiki nilai lekatannya yang akan meningkatkan pula kekuatan ... -
PENGARUH PENAMBAHAN KAOLIN 2,5% DAN 5% PADA ASPAL UNTUK CAMPURAN LASTON-WC TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL, KUAT TARIK BELAH DAN KUAT TEKAN NORMAL
ANTOKO, GALIH WIDI (FT UMY, 2013-08-23)Konstruksi jalan di Indonesia sebagian besar menggunakan jenis perkerasan lentur. Jenis prkerasan lentur menggunakan aspal sebagai bahan pengikat. Aspal merupakan bahan pengikat yang terdiri dari campuran bahan bitumen dan ... -
PENGARUH PENAMBAHAN KAOLIN 7,5% DAN 10% CAMPURAN LASTON - WC TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL, KUAT TARIK BELAH DAN KUAT TEKAN NORMAL
PRATIWI, RENNY DWI (FT UMY, 2013-07-06)Konstruksi perkerasan harus mempunyai nilai stabilitas yang tinggi agar mampu menahan beban kendaraan yang akan melewatinya. Salah satu cara untuk meningkatkan nilai stabilitas yakni dengan menambahkan zat adiktif ke dalam ... -
PENILAIAN TEBAL OPTIMUM DAN PERHITUNGAN RAB PERKERASAN LENTUR (STUDI KASUS PADA JALAN LINGKAR SUMPIUH , STA 0 + 000 SAMPAI 2 + 500, BANYUMAS, JAWA TENGAH)
M OKTABRILIANTO (FT UMY, 2013-01-04)Jalan merupakan prasarana transportasi yang menghubungkan antara tempat tertentu dengan yang lain dalam suatu sistem jaringan jalan . Sistem tersebut secara utuh harus dapat memberikan pelayanan akan kebutuhan pergerakan ... -
PENILAIAN TEBAL OPTIMUN DAN PERHITUNGAN RAB PERKERASAN LENTUR (studi kasus jalan Lingkar Sumpiuh Sta 2 + 500 - 5 + 000 Banyumas , Jawa Tengah)
MUNTAHA, MUHYIDIN AHMAD (FT UMY, 2014-01-06)Jalan merupakan prasarana transportasi yang menghubungkan satu tempat tertentu dengan yang lain dalam sistem jaringan jalan. Sistem tersebut secara utuh harus dapat memberikan pelayanan akan kebutuhan pergerakan orang dan ... -
PERBANDINGAN PARAMETER HASIL UJI MARSHALL ASPHALT CONCRETE BASE (AC-BASE) CAMPURAN MATERIAL BATU ROUNDED BERDASARKAN SPESIFIKASI BINA MARGA 2010-REV 2
PERDANA, AGITA ENGGAR (FT UMY, 2014-09-01)Salah satu jenis dari aspal beton campuran panas yang digunakan adalam perkerasaan jalan adalah campuran Asphalt Concrete Base (AC-BASE) dimana campuran AC-BASE adalah lapis pondasi atas yang terletak di bawah lapis permukaan ... -
PERBANDINGAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KOMPONEN SKBI 1987 DENGAN MANUAL PERKERASAN JALAN 2013 DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA SERTA PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN TIME SCHEDULE (Studi kasus pada ruas Jalan Karangmojo - Semin Sta. 0 + 000 sampai Sta. 4 + 050 , Gunungkidul, Yogyakarta)
KURNIAWAN, CHANDRA (FT UMY, 2014-08-25)Jalan raya merupakan sarana infrastuktur penting dalam mendukung perkembangan ekonomi di suatu daerah. Kualitas yang baik sangat diutamakan demi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Perencanaan jalan raya terdiri ... -
PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN GAJAH WONG YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN BOX GIRDER
HAKIM, LUKMANUL (FT UMY, 2013-07-08)Jembatan gajah wong ini terletak di ruas jalan inspeksi selokan mataram, yang menghubungkan Jl Gejayan-Seturan , Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembangunan jembatan ini merupakan suatu upaya dalam ... -
TINGKAT DURABILITAS LAPISAN ASPAL BETON (AC-WC) GRADASI KASAR TERHADAP WAKTU PERENDAMAN
WIJAYANTO, SINGGIH (FT UMY, 2014-08-08)Banjir yang sering terjadi di beberapa daerah di indoensia memberikan dampak negatif dan kerugian di bErbagai sektor, salah satu sektor infrastruktur, Genangan banjir yang terjadi di atAs lapisan perkerasan jalan memberikan ... -
UJI KUAT TARIK BELAH PASIR DENGAN STABILISAIS SEMEN DAN INKLUSI SERAT PLASTIK
JUMANDANI, RAMPIAS AFRI (FT UMY, 2013-01-01)Apabila tanah di lapangan bersifat sangat lepas dan tidak padat sehingga tidak sesuai untuk pembangunan , maka tanah tersebut perlu dilakukan perbaikan, sifat non kohesif tanah pasir atau tidak memiliki daya ikat antar ...