Department of Civil Engineering: Recent submissions
Now showing items 461-480 of 932
-
PENGARUH KUAT TEKAN BETON TERHADAP BAHAN PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN DAN AGREGAT KASAR DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN LIMBAH GYPSUM 5%, 7,5%, 10%, 12,5% DAN TEMPURUNG KELAPA 10%
(FT UMY, 2017-08)Banyak Limbah tempurung kelapa dan Limbah gypsum ditemukan ditemukan di Yogyakarta. Padahal Limbah tempurung kelapa dan Limbah gypsum dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan beton. Salah satunya Limbah Tempurung Kelapa ... -
PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR (OVERLAY) DENGAN METODE LENDUTAN BALIK MENGGUNAKAN ALAT BENKELMAN BEAM
(FT UMY, 2017-07)Ruas Jalan Klangon-Tempel, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta merupakan jalan provinsi yang merupakan bukan jalur utama di Kabupaten sleman, frekuensi kendaraan yang lewat juga tidak begitu tinggi, tetapi ... -
ANALISIS ANGKUTAN SEDIMEN DASAR PROGO HILIR DENGAN METODE EMPIRIS MEYER-PETER MULLER, EINSTEIN DAN FRIJLINK
(FT UMY, 2017-06-20)Sungai progo adalah sungai yang anak - anak sungainya berhulu di daerah gunung api. Sebab itu tingkat agradasi atau degradasi di sungai ini cukup tinggi. Proses erosi dan sedimentasi akan berpengaruh terhadap ... -
ANALISIS RENCANA PENERAPAN ELECTRONIC ROAD PRICING (ERP) TERHADAP JALAN MALIOBORO YOGYAKARTA
(FT UMY, 2017-06)Dengan bertambahnya jumlah populasi manusia telah meningkatkan kemacetan, salah satu contoh nyata yang terlihat dari keadaan transportasi Yogyakarta. Tingkat kemacetan pada kota Yogyakarta lumayan tinggi pada hari-hari ... -
STUDI DETAILED ENGINEERING DESIGN (DED) GEOMETRIK JALUR KERETA API GANDA
(FT UMY, 2017-08-20)Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi mempunyai banyak keunggulan dibanding transportasi jalan, antara lain : kapasitas angkut besar (massal), cepat, aman, hemat energi, hemat dalam penggunaan ruang, dan tingkat ... -
ANALISIS KINERJA BUNDARAN MENGGUNAKAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA 1997
(FT UMY, 2017-09-04)(STUDI KASUS : BUNDARAN SAMSAT KOTA YOGYAKARTA) -
ANALISIS PENILAIAN TINGKAT BAHAYA DAN KERENTANAN BENCANA BANJIR DI YOGYAKARTA
(FT UMY, 2017-06-16)Saat ini banjir merupakan salah satu permasalahan serius yang terjadi di Yogyakarta karena hampir setiap tahun banjir selalu melanda berbagai wilayah di daerah istimewa ini saat musim penghujan tiba. Laju urbanisasi dan ... -
KAJIAN TINGKAT KERENTANAN DAN BAHAYA BANJIR DI WILAYAH YOGYAKARTA DENGAN METODE ARCGIS
(FT UMY, 2017-08-31)Saat ini banjir merupakan salah satu permasalahan serius yang terjadi di Yogyakarta karena hampir setiap tahun banjir selalu melanda sebagian wilayah di daerah istimewa ini saat musim penghujan tiba. Laju urbanisasi dan ... -
STUDI DETAILED ENGINEERING DESIGN (DED) GEOMETRIK JALUR KERETA API GANDA LINTAS STASIUN BANJARSARI – STASIUN SUKACINTA, SUMATERA SELATAN
(FT UMY, 2017-07-18)Sumber daya alam khususnya potensi energi primer yang terdapat di wilayah Sumatera Selatan merupakan daya tarik kuat bagi masuknya investor untuk meningkatkan perekonomian daerah. Salah satu potensi sumber daya energi yang ... -
PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE LENDUTAN BALIK MENGGUNAKAN ALAT BENKELMAN BEAM
(FT UMY, 2017-06-15)Jalan sebagai akses penghubung transportasi memiliki peran penting diantaranya untuk menghubungkan darat dengan laut, darat dengan udara maupun darat dengan darat untuk mendistribusikan barang dan jasa. Adanya akses jalan ... -
ANALISIS MODEL FILTRASI BUATAN UNTUK MENGUBAH AIR SUNGAI MENJADI AIR BERSIH
(FT UMY, 2017-09-27)Sungai Bayem terletak di Jl. Rejodadi, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Kota Yogykrta. Seiring dengan terjadinya krisis air di Yogyakarta akibat adanya pembangunan pemukiman dan banyaknya pembangunan hotel dan apartemen yang ... -
KAJIAN TINGKAT BAHAYA DAN KERENTANAN BENCANA BANJIR DI YOGYAKARTA DENGAN BANTUAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
(FT UMY, 2017-08)Saat ini banjir merupakan salah satu permasalahan serius yang terjadi di Yogyakarta karena hampir setiap tahun banjir selalu melanda berbagai wilayah di daerah istimewa ini saat musim penghujan tiba. Penelitian ini membahas ... -
PERHITUNGAN ANGKUTAN SEDIMEN DI SUNGAI PROGO HILIR DENGAN RUMUS EMPIRIS MEYER-PETER DAN MULLER, EINSTEIN DAN FRIJLINK
(FT UMY, 2017-06-13)Proses erosi dan sedimentasi akan berpengaruh terhadap kestabilan konstruksi. Pada Sungai Progo,terdapat bangunan infrastruktur seperti dinding penahan tanah, jembatan, bangunanpengambilan air irigasi (intake), groundsill ... -
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL JALAN TAMANSISWA, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
(FT UMY, 2017-07-20)Yogyakarta yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki aktivitas lalu lintas yang padat tentunya memiliki permasalahan lalu lintas yang cukup kompleks terutama pada persimpangan. Salah satu permasalahan ... -
ANALISIS RUAS JALAN SULTAN AGUNG YOGYAKARTA DENGAN METODE MKJI 1997 DAN VISSIM
(FT UMY, 2017-08-15)Pedoman untuk melakukan analisis dan perancangan jalan di Indonesia menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi banyak muncul software simulasi untuk mensimulasikan ... -
PENILAIAN TINGKAT BAHAYA, TINGKAT KERENTANAN DAN KRITERIA DESA TANGGUH BENCANA TERHADAP BANJIR LAHAR DINGIN
(FT UMY, 2017-08-08)Gunung Merapi merupakan salah satu gunung teraktif di Indonesia bahkan di dunia, dan bencana Gunung Merapi merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi di Indonesia. Letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 merupakan ... -
ANALISA LAJU EROSI DENGAN METODE USLE (UNIVERSAL SOIL LOSS EQUATION) DI DAERAH TANGKAPAN AIR MERDEN SUB DAS MAWAR
(FT UMY, 2017-06)Sedimen adalah hasil proses erosi, baik berupa erosi permukaan, erosi parit, atau jenis erosi tanah lainnya. Sedimen umumnya mengendap di bagian bawah kaki bukit, di daerah genangan banjir, di saluran air, sungai, dan ... -
STUDI OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA DENGAN METODE TCTO (TIME COST TRADE OFF) PADA PROYEK KONSTRUKSI
(FT UMY, 2017-06-13)Waktu dan biaya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan kegagalan suatu proyek. Tolok ukur keberhasilan proyek biasanya dilihat dari waktu penyelesaian yang singkat dengan biaya yang minimal tanpa meninggalkan mutu ... -
PERENCANAAN BETON MUTU TINGGI UNTUK PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DENGAN BAHAN TAMBAH PLASTOCRETE RT 06 DAN SIKAMENT NN VARIASI 0%, 0,5% DAN 1%
(FT UMY, 2017-06-16)Salah satu cara untuk meningkatkan kuat tekan beton adalah meningkatkan pemadatannya, yaitu meminimumkan pori atau rongga yang terbentuk didalam beton. Penggunaan bahan tambah (admixture) dapat membantu memecahkan permasalahan ... -
EVALUASI SISTEM PENGELOLAAN TRANSPORTASI SAMPAH
(FT UMY, 2017-08-14)Sampah merupakan masalah yang sangat komplek untuk saat ini. Dengan bertambahnya jumlah kehidupan manusia, pertumbuhan penduduk, serta perkembangan teknologi dan meningkatnya aktifitas manusia. Karena sangat erat dengan ...