Department of Civil Engineering: Recent submissions
Now showing items 801-820 of 932
-
TINJAUAN KINERJA INLET JALAN UNTUK MENGURANGI GENANGAN AKIBAT LIMPASAN HUJAN (Studi Kasus : Model inlet persegi panjang di bahu jalan)
(FT UMY, 2016-08-25)di inginkan pada suatu daerah, serta cara-cara penanggulangan akibat yang di timbulkan oleh kelebihan air. Dalam sistem drainase di perlukan suatu bangunan penunjang, salah satunya yaitu bangunan inlet. Inlet menerima air ... -
KAJIAN GELOMBANG RENCANA DI PERAIRAN PANTAI AMPENAN UNTUK PERENCANAAN BANGUNAN PANTAI
(FT UMY, 2016-09-02)Pantai adalah daerah tepi perairan yang dipengaruhi oleh air pasang tertinggi dan air surut terendah, sedangkan pesisir adalah daerah darat di tepi laut yang masih mendapat pengaruh laut seperti pasang surut, angin laut ... -
PEMODELAN LALU LINTAS PADA SIMPANG BERSINYAL JALAN PERKOTAAN DI YOGYAKARTA (Studi kasus : Simpang Bersinyal Ring Road Utara, Monumen Jogja Kembali, Yogyakarta)
(FT UMY, 2016-06-30)Masalah transportasi perkotaan saat ini sudah merupakan masalah utama yang sulit dipecahkan di kota-kota besar. Kemacetan lalu lintas yang terjadi sudah sangat mengganggu aktivitas penduduk. Kemacetan akan menimbulkan ... -
STUDI KOMPARASI PERANCANGAN STRUKTUR GEDUNG BERDASARKAN SNI 03-2847-2002 DAN SNI 2847:2013 MENGGUNAKAN BEBAN GEMPA SNI 1726:2012 (Studi Kasus : Apartemen 11 Lantai Malioboro City Yogyakarta)
(FT UMY, 2016-08)Standar perencanaan untuk struktur beton bertulang di Indonesia mengalami pembaharuan dengan dikeluarkannya SNI 2847:2013 “Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung” sebagai pengganti dari SNI 03-2847-2002. Meskipun ... -
PERBANDINGAN PERENCANAAN STRUKTUR TAHAN GEMPA BERDASARKAN SNI 03-1726-2002 DAN SNI 1726:2012 Studi kasus : Apartemen Malioboro City , Yogyakarta DISUSUN OLEH : ACHMAD HAMBALI 20120110106 JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2016
(FT UMY, 2016-08-29)Beberapa tahun ini, Indonesia sering terjadi bencana alam terutama gempa. Hal ini terjadi karena Indonesia berada di kawasan Pasific Ring Of Fire yang merupakan jalur rangkaian berapi aktif di dunia. Yogyakarta merupakan ... -
MODEL UNIT PENGOLAHAN AIR ASIN DENGAN METODE FILTRASI (Media Resin Penukar Ion dengan Variasi Ketebalan 10 cm, 20 cm, dan 30 cm)
(FT UMY, 2016-08-08)Manusia sering dihadapkan pada situasi yang sulit dimana sumber air tawar sangat terbatas dan di lain pihak terjadi peningkatan kebutuhan. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah pantai dan pulau kecil air tawar merupakan ... -
AUDIT KESELAMATAN JALAN ROAD SAFETY AUDIT (Studi kasus Jalan Wates km 1-2,9 , Bantul, Yogyakarta)
(FT UMY, 2010-01-08)Jalan wates merupakan jalan kolektor dalam sistem jaringan primer yang menghubung ibu kota provinsi dengan ibu kota kabupaten / jalan kota atau jalan ibu kota dan jalan strategis provinsi. Karena seringnya terjadi kecelakaan ... -
KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN RODA DUA DI KANTOR PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Komplek Kepatihan Danurejan DIY)
(FT UMY, 2011-08-22)Seiring dengan bertambahnya jumlah populasi manusia mengakibatkan meningkatnya pula permintaan terhadap kebutuhan alat dan jasa transportasi. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan ketersediaan luas tanah yang tersedia. ... -
ANALISIS LALU LINTAS DI SIMPANG TAK BERSINYAL (Studi Kasus di Jalan Godean Km 2,8 Bantul)
(FT UMY, 2012-12-27)Dari data penelitian setelah dilakukan analisis kinerja simpang tak bersinyal 4 lengan di Jalan Godean km2,8 Kab. Bantul dapat diambil kesimpulan yaitu kapasitas simpang. Kapasitas terbesar simpang tak bersinyal 4 lengan ... -
EVALUASI PENGGUNAAN SHEAR WALL PADA PORTAL GEDUNG UNIT C PROYEK KAMPUS TERPADU UMY
(FT UMY, 2001-08-08)Setiap tahun di Indonesia seiring terjadi gempa, kejadian ini dapat menimbulkan karusakan terhadap bangunan selalu korban jiwa. Agar bangunan cukup kuat dan aman terhadap goncangan gempa diperlukan struktur tahan gampa. ... -
KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN RODA EMPAT DI KANTOR PEMERINTAH PROVINSI DIY (Komplek Kepatihan Danurejan DIY)
(FT UMY, 2011-08)Kantor Pemda DIY yang berlokasi di komples kepatihan Danurejan DIY merupakan pusat pemerintahan yang melayani pelayanna administrasi dan pelayanan umum dengan jumlah instansi sebnayak 13 unit dengan 934 orang pegawai. ... -
RASIONALISASI JARINGAN STASIUN HUJAN DAS OPAK-OYO (Studi Kasus : DAS Kali Opak, Kab. Sleman Dan Kab. Bantul, DI. Yogyakarta)
(FT UMY, 2016-11-21)Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah suatu wilayah daratan yang merupakan kesatuan ekosistem dengan sungai dan anak-anak sungainya yang berfungsi menampung, menyimpan, dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau ... -
AUDIT KESELAMATAN JALAN (STUDI KASUS JALAN RINGROAD BARAT DEPAN KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERPADU)
(FT UMY, 2011-05-13)Jalan ring road merupakan jalan arteri dalam sistem jaringan jalan primer yang mengelilingi Kota Yogyakarta. Antara tahun 2006 sampai dengan tahun 2010 Kepolisian Bantul mencatat ada 59 kejadian kecelakan lalu lintas di ... -
EVALUASI LOAD FACTOR DAN KARAKTERISTIK PENUMPANG ANGKUTAN UMUM BUS TRANS JOGJA JALUR 3B SETELAH PENAMBAHAN HALTE (STUDY KASUS : HALTE UPN SISI UTARA DAN HALTE STIPER)
(FT UMY, 2010-08-23)Perkembangan jalur angkutan umum bus Trans Jogja berdasarkan hasil-hasil penelitian load factor terdahulu, khususnya di jalur 3B yang belum memenuhi standard World Bank atau PP. No 43. Tahun 1993 dengan nilai load factor ... -
ANALISIS STRUKTUR PORTAL PADA BANGUNAN GEDUNG KAMPUS III UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA
(FT UMY, 2001-08-21)Dalam mengembangkan sebuah struktur banguna bertingkat pemikiran yang paling mendasar adalah suatu bangunan mampu menahan gaya vertikal gravitasi, gaya horisontal angin dan gaya getaran oleh gempa. Perencanaan dan perancangan ... -
EVALUASI MASTERPLAN DRAINASE PRIMER KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH (STUDI KASUS DRAINASE JALAN SULTAN SYAHRIR)
(FT UMY, 2016-07-23)Saluran drainase adalah salah satu bangunan pelengkap pada ruas jalan dalam memenuhi salah satu persyaratan teknis prasarana jalan. Saluran drainase jalan raya berfungsi untuk mengalirkan air yang dapat mengganggu pengguna ... -
ANALISIS KARAKTERISTIK FISIK DAS DENGAN ASTER GDEM V 2.0 DI SUNGAI OPAK-OYO
(FT UMY, 2016)Karakteristik fisik DAS merupakan variabel dasar yang menentukan proses hidrologi pada DAS, sedangkan karakteristik sosial ekonomi dan budaya masyarakat adalah variabel yang mempengaruhi percepatan perubahan kondisi hidrologi ... -
PENGARUH VARIASI GESEK TERHADAP KUALITAS SAMBUNGAN PADA PENGELASAN CONTINOUS DRIVE FRICTION WELDING (CDFW) BAHAN PIPA KUNINGAN DAN TEMBAGA
(FT UMY, 2016-05)Pengelasan gesek merupakan suatu metode penyambungan material yang memanfaatkan panas yang ditimbulkan dari gesekan permukan antara dua buah benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi putaran pengelasan ... -
EVALUASI DAN PERENCANAAN PENGEMBALIAN KONDISI PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA
(FT UMY, 2003-01-17)Dari hasil analisis didapatkan bahwa beban lalu lintas yang melewati ruas Jalan Piyungan-Gading (Sta 25+850 - 26+850) lebih kecil dan cenderung menurun daripada beban lalu lintas yang direncanakan akan melewati ruas jalan ... -
PENGARUH KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BETON MENGGUNAKAN AGREGAT KASAR BATU APUNG DENGAN TAMBAHAN SERAT ALKALI RESISTANT GLASSFIBRE (ARG) VARIASI 0%, 0,2%, 0,4%, DAN 0,6%
(FT UMY, 2016-08-16)Beton merupakan fungsi dari bahan penyusunnya yang terdiri dari bahan semen (Portland cement), agregat kasar, agregat halus, air dan bahan tambah (admixture atau additive). Campuran adukan beton atau perancangan campuran ...