Department of Civil Engineering: Recent submissions
Now showing items 821-840 of 932
-
POTENSI PENUMPANG BATIK SOLO TRANS YANG MENGGUNAKAN INTEGRASI TIKET BST-PRAMEKS-TRANS JOGJA
(FT UMY, 2011-05-05)Sistem transportasi di Indonesia hingga saat ini masih belum tertata rapi sehingga mendorong Kementerian Perhubungan untuk mengintegrasikan moda transportasi yang sudah ada. Salah satu daerah yang akan dijadikan untuk ... -
PEMBUATAN DATABASE SARANA PRASARANA KEAIRAN DAS PROGO
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016-11)Upaya pengolahan sumber daya air sangat mamerlukan data yang akurat untuk pengembangan dan pembangunan daerah. Data disusun dalam bentuk database yang merupakan pendukung bagi pengembangan potensi sumber daya air di Sungai ... -
EVALUASI TINGKAT KEHILANGAN ENERGI PADA JARINGAN PERPIPAAN SISTEM TERTUTUP
(FT UMY, 2012-11-22)Daerah yang memiliki kepadatan penduduk dan tata guna lahan yang kompleks seperti perkotaan diperlukan suatu sistem jaringan pipa yang bisa menjangkau dan mencakup ke semua pelosok daerah dalam pemenuhan kebutuhan air dari ... -
PENGARUH PERBANDINGAN AGREGAT BAMBU DAN AGREGAT KONVENSIONAL DENGAN PENAMBAHAN SILICAFUME TERHADAP KUAT TEKAN BETON RINGAN MENGGUNAKAN METODE FLOWING CONCRET
(FT UMY, 2010-10-22)Beban statis elemen struktur beton menjadi permasalahan yang umum dalam perencanaan, karena beton yang dipakai sebagai konstruksi memiliki berat jenis yang tinggi yang akan membebani konstruksi bangunan, sehingga harus ... -
EVALUASI LOAD FACTOR DAN KARAKTERISTIK PENUMPANG ANGKUTAN UMUM BUS TRANS JOGJA JALUR 2A
(FT UMY, 2010-08-26)Berdasarkan hasil penelitian tahun 2008 dan 2009, load factor terdahulu belum memenuhi standart World Bank atau PP. No. 43 tahun 1993, yaitu sebesar minimal 70%. Setelah rute bus Trans Jogja mengalami perubahan di jalur ... -
EVALUASI LOAD FACTOR ANGKUTAN UMUM BUS TRANS JOGJA JALUR 2A SETELAH PENAMBAHAN HALTE
(FT UMY, 2010-08-27)Berdasarkan hasil penelitian Tahun 2008 dan 2009 load factor terdahulu belum memenuhi standart World Bank atau PP. No. 43 tahun 1993, yaitu sebesar minimal 70%. Hasil observasi langsung yang telah dilakukan rute trayek 2A ... -
EVALUASI HEADWAY ANGKUTAN UMUM BUS TRANS JOGJA JALUR 3A DAN 3B
(FT UMY, 2010-01-14)Pada saat ini kondisi transportasi di DIY sangat memprihatinkan. Oleh karena itu diperlukan penanganan untuk memperbaiki kondisi dan pelayanan angkutan umum yaitu mengoperasikan angkutan umum perkotaan bus Trans jogja ... -
EVALUASI LOAD FACTOR DAN KARAKTERISTIK PENUMPANG ANGKUTAN UMUM BUS TRANS JOGJA JALUR 2B
(FT UMY, 2010-05-24)Keberadaan Saran Angkutan Umum Massa seperti bus Trans Jogja yang memberi fasilitas, tertib, lancar, aman dan nyaman tentu diharapkan menghapus paradigma masyarakat terhadap angkutan umum yang selama ini berooperasi di ... -
MODEL STRATEGI HARGA PENAWARAN UNTUK PROYEK KONSTRUKSI DI INDONESIA Studi Kasus : Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
(FT UMY, 2016-09-16)Strategi penawaran bagi suatu perusahaan sangatlah bergantung pada tujuan perusahaan, diantaranya adalah dengan memaksimumkan keuntungan. Permasalahan utama kontraktor dalam mengajukan penawaran adalah menetapkan harga ... -
PENGARUH PANJANG MINI COLUMN T-SHAPE TERHADAP BEBAN DAN DEFORMASI PELAT FLEKSIGLASS DI ATAS TANAH LEMPUNG EKSPANSIF
(FT UMY, 2016-09-20)Tanah lempung ekspansif adalah tanah yang memiliki sifat kembang susut yang besar dan perilakunya sangat dipengaruhi oleh kadar air. Perubahan pada kadar air yang disebabkan oleh perubahan musim menyebabkan tanah lempung ... -
PENGARUH DIAMETER KEPALA MINI KOLOM TERHADAP BEBAN DAN DEFORMASI PELAT FLEXIGLASS DI ATAS TANAH LEMPUNG EKSPANSIF
(FT UMY, 2016-09-20)Tanah lempung ekspansif merupakan tanah yang memiliki daya dukung yang rendah, oleh sebab itu diperlukan suatu upaya stabilisasi agar nilai daya dukungnya meningkat sehingga dapat digunakan sebagai tanah dasar dalam ... -
PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON PADA SEMEN BIMA DAN SEMEN HOLCIM DENGAN VARIASI UMUR 7, 14, DAN 28 HARI MENGGUNAKAN NILAI FAS 0,5
(FT UMY, 2016-08-03)Dalam perkembangan struktur modern saat ini bahan material semakin banyak dikembangkan, salah satunya semen. Kualitas bahan seperti semen juga sangat berpengaruh terhadap kekuatan beton setelah mengeras, sehingga pemilihan ... -
AUDIT KESELAMATAN JALAN ROAD SAFETY AUDIT (Studi kasus Jalan Pantura Brebes km 75-80)
(FT UMY, 2012-01-13)Pembangunan infrastuktur jalan pada lintas Panturan Jawa memiliki nilai yang sangat strategis dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Namun dibalik manfaat besar yang diperoleh terdapat juga persoalan ... -
PENGARUH AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN AGREGAT KASAR PECAHAN BATA RINGAN (Variasi Agregat Kasar Pecahan Bata Ringan Lolos Saringan 16 mm, 22,4 mm, dan 25 mm)
(FT UMY, 2016-08-03)Teknologi pembuatan beton sebagai bahan struktur tidak bersifat statik saja, tetapi terus berkembang sejalan dengan lajunya pembangunan khususnya dibidang konstruksi. Oleh karena itu perlu adanya penelitian-penelitian untuk ... -
PENELITIAN KUAT TEKAN BETON MENGGUNAKAN SEMEN BIMA, SEMEN HOLCIM, DAN SEMEN GARUDA DENGAN NILAI FAS 0,40 ; 0,45 DAN 0,50
(FT UMY, 2016)Beton semakin tahun semakin banyak digunakan baik di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang, sebagai contoh pada tahun 1976 di Amerika Serikat di produksi beton 100 juta/tahun, di Canada 11 juta ton per tahun, ... -
ANALISIS KUALITAS DENGAN STANDAR FE, PH DAN KUANTITAS AIR PADA SISTEM PERPIPAAN AIR BERSIH (STUDI KASUS SISTEM PERPIPAAN AIR BERSIH DI GEDUNG AR. FACHRUDIN B UMY, TAMANTIRTO, KASIHAN, BANTUL)
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016-10)Manusia tidak bisa terlepas dari keberadaan air karena air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, diantaranya air digunakani untuk mencuci, berwudhu, air minum, menyiram tanaman. Kebutuhan air bersih juga sangat ... -
PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON DENGAN MENGGUNAKAN DUA JENIS SEMEN DAN VARIASINYA
(FT UMY, 2016-08-03)Pada dasarnya beton memiliki sifat dasar, yaitu kuat terhadap tegangan tekan dan lemah tehadap tegangan tarik. Kuat tekan beton dipengaruhi oleh jenis bahan penyusunnya, jika bahan penyusunnya bagus, solid maka nantinya ... -
PENGARUH VARIASI LAMA PEMBAKARAN TERHADAP KEKUATAN BAJA TULANGAN BETON BERTULANG
(FT UMY, 2010-01-07)Dari hasil peneltiian dan pembahasan mengenai pengaruh variasi lama pembakaran terhadap kekuatan baja tulangan beton bertulang, maka dapat diambil keismpulan yaitu akibat pembakaran , beton akan mengalami tanda kerusakan ... -
AUDIT KESELAMATAN JALAN (Studi kasus jalan sutoyo Tanah Patah Kota Bengkulu)
(FT UMY, 2011-06-03)Jalan Sutoyo Tanah Patah Kota Bengkulu yang berstatus jalan provinsi merupakan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antar ibukota provinsi dengan ibukota kabupaten. Terjadinya kecelakaan ...