dc.contributor.author | PRIANTO, AHMAD | |
dc.date.accessioned | 2018-08-10T03:49:55Z | |
dc.date.available | 2018-08-10T03:49:55Z | |
dc.date.issued | 2018-05-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20439 | |
dc.description | Pesatnya perkembangan dunia otomotif diikuti oleh kebutuhan manusia
terhadap alat transportasi. Terdapat berbagai macam alat transportasi di Indonesia
diantaranya adalah sepeda motor. Sistem pengapian pada sepeda motor berperan
sebagai pengatur pada proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di
dalam silinder pada saat langkah terakhir kompresi. Terdapat beberapa komponen
utama pengapian pada sepeda motor diantaranya adalah CDI (Capasitor
Discharge Ignition), koil (ignition coil), dan busi (spark plug). Perbaikan pada
sistem pengapian dipercaya dapat meningkatkan performa mesin dan konsumsi
bahan bakar sepeda motor.
Salah satunya pada penggunaan jenis CDI dan busi. Pengujian dilakukan
dengan menggunakan motor bensin 4 langkah 125 cc dengan penggunaan 2 jenis
CDI (CDI standar dan CDI racing BRT I-Max) dan 2 jenis Koil ( Koil standard
dan Koil YZ) dan Busi Denso Iridium dengan bahan bakar Pertamax. Pengujian
dilakukan dengan alat uji percikan bunga api busi, dynotest, dan uji jalan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Sepeda motor YAMAHA Scorpio
z 4 Langkah 225 cc Tahun 2010 untuk mengetahui percikan bunga api, daya, torsi
dan konsumsi bahan bakar dari variasi yang dilakukan. Pengujian dynamometer
dilakukan pada 4000 – 11500 RPM untuk pengujian daya dan torsi. Sedangkan
untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada kecepatan 40 km/jam
dengan jarak tempuh 4 km.
Dari hasil penelitian, percikan bunga api terbaik pada variasi CDI BRT I Max dengan Koil standar karena bunga api konstan tidak berpindah pindah
dengan suhu sebesar 8000 – 9000 K. Torsi tertinggi didapat pada variasi CDI
BRT I-Max dan Koil TDR YZ dengan torsi sebesar 21,84 N.m pada putaran
mesin 6867 RPM. Dan daya sebesar 24,4 HP pada putaran mesin 9493 RPM.
Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar yang rendah pada variasi CDI BRT IMax
dengan
Koil TDR
YZ
sebesar
39,24
km/liter. | en_US |
dc.description.abstract | The rapid development of the automotive world is followed by the
human needs of the means of transportation. There are various kinds of
transportation in Indonesia such as motorcycles. Motorcycle ignition system acts
as a regulator in the combustion process of fuel and air mixture inside the cylinder
at the last step of compression. There are several main components of ignition on
the motorcycle such as CDI (Capasitor Discharge Ignition), coil (ignition coil),
and spark plug (spark plug). Improvements to ignition systems are believed to
improve engine performance and fuel consumption of motorcycles
One of them on the use of CDI type and spark plug. The test was
performed by using a 225 cc 4-stroke gasoline motor with the use of two types of
CDI (standard CDI and CDI racing BRT I-Max) and 2 types of Coils (Coil
standard and Coil YZ) and Busi Denso Iridium with Pertamax fuel. The test is
done by spark plug test, dynotest, and road test. This research was conducted by
using Motorcycles YAMAHA Scorpio z 4 Step 225 cc Year 2010 to know sparks,
power, torque and fuel consumption of the variations made. The dynamometer test
is performed on 4000 - 11500 RPM for power and torque testing. While for
testing fuel consumption is done at a speed of 40 km / h with a distance of 4 km.
From the result of the research, the best spark spark on CDI BRT I-Max variation with standard coil because the sparks are constantly not moving with the
temperature of 8000 - 9000 K. The highest torque is found on variations of CDI
BRT I-Max and TZ YZ Coil with torque of 21.84 Nm at 6867 RPM engine speed.
And power of 24.4 HP at 9493 RPM engine speed. As for the low fuel
consumption in the variation of CDI BRT I-Max with TDR YZ Coil of 39.24 km /
liter. | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik Mesin | en_US |
dc.subject | Pertamax, Yamaha Scorpio Z, CDI, Koil, Kinerja Motor. | en_US |
dc.title | KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN DENGAN MENGGUNAKAN CDI PROGRAMMABLE PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA SCORPIO-Z 225 CC TAHUN 2010 BERBAHAN BAKAR PERTAMAX 92 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
243 | en_US |