View Item 
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • CONFERENCE
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • CONFERENCE
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN PADA SISTEM INA-CBGs DENGAN FEE FOR SERVICE DI RS MUHAMMADIYAH BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      main article (3.796Mb)
      Date
      2016-08
      Author
      FIRMAN, PRIBADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pembangunan kesehatan di lndonesra berpedoman pada Sistem Kes (SKN). Subsistem kesehatan nasional adalah sub system penb a,,z melindungi warga terhadap risiko finansial dibutuhkan system pemb: prc-upaya, bukan pembayaran secara langsung. Ada beberapa pasr:- kualitas pelayanannya dibedakan antara pembayaran langsung : asuransi kesehatan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan iantara sistem pembayaran INA-CBGs dengan Fee For Service di ruang ll RSU PKU Muhammadiyah Bantul. I\,4etode: Penelitian ini menggL deskriptif. Populasi penelitian adalah pasien rawat inap kelas Muhammadiyah Bantul. Besarnya sampel pada sistem pembayaran lN-- 50 responden dan Fee For Service sebanyak 50 responden. Pe menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan UJi Beda Rata-Ra Berhubungan dengan Mann-Whitney. Hasil dan Pembahasan: Pa: kualitas pelayanan di RSU PKU l\,4uhammadiyah Bantul dibedakapembayaran Fee For Service dan pembayaran dengan INA-CBGs. lue13 pembayaran menggunakan Fee For Service pelayanannya lebih ba k c : menggunakan BPJS. Pada perhitungan data statistik mean rank 1i'., sebesar 44.41 dan nilai mean rank Fee For Service adalah sebesar Beda Rata-Rata Sampel Tidak Berhubungan dengan menggunakan l,le' menyatakan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara sistem :i CBGs dengan Fee For Service terhadap kualitas pelayanan. Perbeda?- karena aspek komunikasi, antrian panjang dan pengurusan adm n s:. BPJS yang tidak mudah sehingga pasien merasa tidak puas. Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan kualitas peiaya-:- pembayaran INA-CBGs dengan Fee For Service.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20646
      Collections
      • CONFERENCE

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV