PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN PADA SISTEM INA-CBGs DENGAN FEE FOR SERVICE DI RS MUHAMMADIYAH BANTUL
Abstract
Pembangunan kesehatan di lndonesra berpedoman pada Sistem Kes
(SKN). Subsistem kesehatan nasional adalah sub system penb a,,z
melindungi warga terhadap risiko finansial dibutuhkan system pemb:
prc-upaya, bukan pembayaran secara langsung. Ada beberapa pasr:-
kualitas pelayanannya dibedakan antara pembayaran langsung :
asuransi kesehatan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan iantara
sistem pembayaran INA-CBGs dengan Fee For Service di ruang
ll RSU PKU Muhammadiyah Bantul. I\,4etode: Penelitian ini menggL
deskriptif. Populasi penelitian adalah pasien rawat inap kelas
Muhammadiyah Bantul. Besarnya sampel pada sistem pembayaran lN--
50 responden dan Fee For Service sebanyak 50 responden. Pe
menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan UJi Beda Rata-Ra
Berhubungan dengan Mann-Whitney. Hasil dan Pembahasan: Pa:
kualitas pelayanan di RSU PKU l\,4uhammadiyah Bantul dibedakapembayaran
Fee For Service dan pembayaran dengan INA-CBGs. lue13
pembayaran menggunakan Fee For Service pelayanannya lebih ba k c :
menggunakan BPJS. Pada perhitungan data statistik mean rank 1i'.,
sebesar 44.41 dan nilai mean rank Fee For Service adalah sebesar
Beda Rata-Rata Sampel Tidak Berhubungan dengan menggunakan l,le'
menyatakan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara sistem :i
CBGs dengan Fee For Service terhadap kualitas pelayanan. Perbeda?-
karena aspek komunikasi, antrian panjang dan pengurusan adm n s:.
BPJS yang tidak mudah sehingga pasien merasa tidak puas.
Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan kualitas peiaya-:-
pembayaran INA-CBGs dengan Fee For Service.