Show simple item record

dc.contributor.authorMARTONO, TANTRYO SETIAWAN
dc.date.accessioned2018-08-20T04:03:22Z
dc.date.available2018-08-20T04:03:22Z
dc.date.issued2018-05-23
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20672
dc.descriptionEvaluasi visual untuk perkerasan fungsional pada perkerasan ruas Jalan Triwidadi, Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) termasuk dalam kategori buruk. Hal ini dilihat dari adanya kerusakan pada lapisan permukaan perkerasan jalan yang terjadi, ditandai dengan ketidaknyamanan saat berkendara melintasi ruas jalan tersebut. Hubungan antara kerusakan fungsional menggunakan metode PCI dan struktural menggunakan metode Benkelman Beam harus diidentifikasi untuk antisipatif sebagai kebijakan mengambil keputusan perbaikan jalan. Pengujian ini menggunakan alat Benkelman Beam dengan metode lendutan balik sepanjang 2 Km. Berdasarkan analisa indeks PCI tidak ada hubungan signifikan antara kerusakan pada lapisan fungsional terhadap struktural dikeseluruhan segmen, yaitu dari hasil penelitian pada segmen 1 = -9 cm (hasil PCI sedang), segmen 2 = -8 cm (hasil PCI sedang), segmen 3 = -12 cm (hasil PCI sedang), segmen 4 = –11 cm (hasil PCI sedang), segmen 5 = -12 cm (hasil PCI sedang), segmen 6 = -12 cm (hasil PCI Buruk), segmen 7 = -9 cm (hasil PCI sangat buruk), segmen 8 = -14 cm (hasil PCI sangat buruk), segmen 9 = -8 cm (hasil PCI sedang), segmen 10 = -1 cm (hasil PCI buruk). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa Jalan Triwidadi pada Sta. 14+000 – Sta. 16+000, belum direkomedasikan tebal lapis tambah perkerasan, dikarenakan lapisan struktural perkerasan jalan masih mampu melayani beban lalu lintas kendaraan yang lewat.en_US
dc.description.abstractVisual evaluation for functional pavement of Triwidadi Road, Pajangan, Bantul regency, Yogyakarta, using Pavement Condition Index (PCI) method is considered to be in bad category. This is shown from the damage of the pavement surface indicated by the inconvenience when driving along the road. The correlation between functional damage using PCI method and structural using Bengkelman Beam method must be identified as anticipative act in deciding whether or not roadwork is needed. The test was done using Bengkelman Beam with reverse deflection method of 2 km long. Based on the analysis of PCI index, there was no significant correlation between functional layer damage and the structural of the whole segment, resulted from test on segment 1 = -9 cm (moderate PCI result), segment 2 = -8 cm (moderate PCI result), segment 3 = -12 cm (moderate PCI result), segment 4 = -11 cm (moderate PCI result), segment 5 = -12 cm (moderate PCI result), segment 6 = -12 cm (poor PCI result), segment 7 = -9 cm (very poor PCI result), segment 8 = -14 cm (very poor PCI result), segment 9 = -8 cm (moderate PCI result), segment 10 = -1 cm (poor PCI result). From those results, it is indicated that Triwidadi road on Sta. 14+000 – Sta. 16+000 is not yet recommended for being given a multi-layered pavements roadwork, for its pavement’s structural layer is still able to cope with the traffic load.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectBengkelman Beam, reverse deflection, Pavement Condition Index (PCI), multi-layered roadwork. Benkelman Beam, lendutan balik, Pavement Condition Index (PCI), tebal lapis tambah.en_US
dc.titleEVALUASI HUBUNGAN KONDISI KERUSAKAN LAPISAN STRUKTURAL MENGGUNAKAN METODE LENDUTAN BALIK DENGAN KONDISI LAPISAN FUNGSIONAL MENGGUNAKAN METODE PCIen_US
dc.title.alternativeHAL(STUDI KASUS RUAS JALAN TRIWIDADI STA. 14+000 – STA. 16+000, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)en_US
dc.typeThesis SKR F T 205en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record